27.5 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

5 Wisata Alam Terbaik di Banyuwangi, Panorama Instagramable!

Dikenal dengan julukan “Sunrise Of Java”, Banyuwangi adalah kota paling timur di Jawa. Di sinilah matahari pertama terbit di pagi hari memancarkan sinarnya yang disambut di Pulau Jawa. Banyuwangi memiliki pemandangan alam yang beragam, kaya akan seni budaya, dan berbagai desa wisata yang masih memegang adat dan tradisi tradisional.

Keindahan alam terbentang di Banyuwangi dari barat hingga timur. Pegunungan, hutan dan pantai menjadi ciri khas keindahan alam Banyuwangi. Memiliki ketinggian 2.800 meter di atas permukaan laut dengan lahan seluas 5.800 km persegi, Banyuwangi menawarkan wisata alam mulai dari Pantai Selatan yang disapu oleh Samudera Hindia hingga Gunung Raung yang mengesankan.

Berikut ini berbagai wisata alam di Banyuwangi yang sangat direkomendasikan bagi kalian para pencinta alam!

Kawah Ijen

ilustrasi Kawah Ijenz

Kawah Ijen merupakan wisata alam wajib untuk dikunjungi di Banyuwangi yang saat ini sudah diakui dunia. Pada tahun 2016,  kawah dengan pemandangan ajaib ini telah dimasukkan ke dalam Cagar Biosfer Dunia UNESCO.

Kawah ini dapat dicapai dengan trekking melalui rute sepanjang 3 km dengan durasi 1,5 jam. Ketiba tiba di sini, pengunjung akan disambut angin sejuk yang menyegarkan.

Di siang hari, pemandangan sinar matahari yang memancar dari Danau Pirus yan diselimuti asap akan memberi lanskap sempurna untuk berfoto. Saat fajar, pengunjung mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan fenomena alam yang luar biasa di mana api berwarna biru akan muncul di sekitar kawah. Fenomena tersebut dikenal sebagai “api biru” oleh warga setempat.

Teluk Hijau

ilustrasi Teluk Hijau

Terletak di Taman Nasional Meru Betiri, Teluk Hijau adalah wisata bahari yang sangat jernih dimana pengunjung dapat menikmati air laut yang berwarna biru kehijauan yang menakjubkan.

Lokasinya berjarak cukup jauh dari Kota Banyuwangi, sekitar 90 km jarak tempuh. Meskipun begitu, pengunjung tidak akan menyesal ketika tiba dan disapa oleh panorama air biru zamrud, pasir putih mengkilap, dan suasana damai yang memberikan ketenangan.

Air Terjun Congklak

ilustrasi Air Terjun Congklak

Menjelajahi kekayaan alam Banyuwangi tidak lengkap bila belum mengunjungi air terjun yang terkenal akan keasliannya yaitu Air Terjun Congklak yang dikelilingi hutan rimbun yang indah. Air terjun dengan ketinggian sekitar 65 meter ini memiliki panorama fotogenik dengan perpaduan air terjun dan pelangi yang menawan.

Air Terjun Congklak memiliki keunikan di mana air dapat berubah warna serta sangat tinggi sehingga menjadikan air terjun ini menjadi spot favorit bagi para pemburu foto instagrammable. Keindahan tersebut harus dilihat setelah kita berjalan kaki dengan akses menuju lokasi yang cukup menantang dan menanjak.

Pantai Wedi Ireng

ilustrasi Pantai Wedi Ireng

Wisata pantai hidden gem di Banyuwangi ini terletak di Desa Sumberagung. Jaraknya yang cukup jauh dari pusat kota, sekitar 65 km dari Kota Banyuwangi, membuat pantai ini belum banyak diketahui.

Suasananya yang tenang menjadikan pantai ini menjadi lokasi terbaik untuk mengambil foto berlatar pasir putih dengan latar air biru berkilau tanpa perlu berdesakan dengan pengunjung lain. Matahari terbenam merupakan waktu favorit untuk mengabadikan momen keindahan pantai tersembunyi di Banyuwangi ini.

Hutan Pinus Songgon

ilustrasi Hutan Pinus Songgon

Panorama hutan menjadi destinasi selanjutnya untuk berburu spot foto alam Banyuwangi. Di siang hariri, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan indah pepohonan pinus yang rimbun. Suara kicau burung liar, jangkrik, serta kumbang akan menambah sensasi berada di alam. Pada malam hari, tempat ini akan berubah menjadi area yang sangat romantis dengan semua cahaya yang berkilauan dan kerlap-kerlip cahaya lampu.

Terdapat jembatan kayu yang dibangun di bawah hutan yang dikelilingi oleh ribuan cahaya, spot foto terbaik berlatar hutan pinus yang rimbun. Ada juga beberapa kegiatan outbond seperti river tubing, arung jeram, paintball, zip lining ,dan panahan. Disediakan pula lahan berkemah lengkap dengan penyewaan alat-alat kemah.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa wisata terbaik di Banyuwangi dengan panorama instagramable yang dapat anda kunjungi. Keindahan alam terbentang di Banyuwangi dari barat hingga timur. Pegunungan, hutan dan pantai menjadi ciri khas keindahan alam Banyuwangi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles