28.4 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

5 Olahan Nasi yang Praktis dan Lezat Cocok Untuk Anak Kos

Nasi sudah menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia. “Jika makan tidak pakai nasi, itu artinya belum makan,” salah satu pernyataan orang Indonesia jika makan tanpa nasi berarti sama saja tak makan. Apakah kalian setuju?

Tak hanya dimakan polosan dengan lauk, olahan nasi yang kerap dibuat menjadi bermacam-macam untuk menambah variasi rasanya. Jika kalian sedang mencari olahan nasi yang praktis dengan hasil lezat, yuk langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Nasi Goreng Mawut

Ilustrasi Nasi Goreng Mawut

Nasi goreng mawut adalah sajian nasi goreng khas dari daerah jawa yang biasanya terdiri dari nasi, mi, dan sayuran. Disebut nasgor mawut karena isinya yang berantakan dengan perpaduan antara nasi, mi, dan sayuran.

Nasgor mawut adalah sajian nasi goreng yang lezat dan bikin kenyang karena isinya lengkap semua. Nasi goreng mawut dapat dijadikan resep sederhana untuk anak kos. Siapkan nasi putih, mi instan, dan sayuran.

Pertama rebus mi instan dulu. Kemudian panaskan minyak untuk menumis bawang, lalu masukan nasi putih, mi, sayuran, dan bumbu ke dalamnya. Aduk sampai merata.

Tambahkan kecap manis sesuai selera. Setelah matang, sajikan ke piring dan nikmati dengan kerupuk. Dijamin rasanya akan bikin kalian ketagihan.

Nasi Mentega

Ilustrasi Nasi Mentega

Nasi mentega merupakan sajian nasi goreng yang dimasak dengan mentega, bukan minyak. Jadi nasi mentega ini adalah resep simpel yang citarasa gurihnya nikmat banget. Resep ini enak dan mudah dibuat, sangat cocok sebagai menu anak kos yang melezatkan.

Bahan-bahannya terdiri dari nasi putih, mentega, dan telur. Cara buatnya yaitu panaskan mentega di wajan, kemudian tumis bawang yang sudah diiris. Masukkan telur, nasi putih, dan garam, lalu aduk sampai bumbunya menyerap dan matang.

Setelah itu sajikan nasi mentega ke piring, tambahkan toping mentega dan telur dadar di atasnya sesuai selera, dan hasilnya bisa langsung dinikmati. Tentu cita rasa gurih lezatnya akan keluar saat disantap hangat-hangat.

Nasi Sambal Matah

Ilustrasi Nasi Sambal Matah

Resep kali ini adalah sajian nasi yang bercitarasa pedas gurih yaitu nasi sambal matah. Anak kos juga dapat membuat makanan istimewa dengan harga ramah di dompet dan rasanya bintang lima.

Resep ini dapat dibuat dengan cara yang sederhana, yaitu siapkan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai keriting, sereh muda, daun jeruk, kencur, terasi bakar, dan jeruk limau.

Bahan seperti bawang, cabai, dan daun dicincang-cincang, lalu masukkan ke mangkuk. Masukkan pula sereh, kencur, dan terasi. Campurkan semua jadi satu, berilah sejumput garam, gula, dan penyedap kaldu, aduk rata. Setelah itu tambahkan minyak kelapa panas secukupnya sambil diaduk-aduk sampai rata.

Setelah selesai, sajikan sambal matah di atas nasi putih hangat, dan nikmati nasi sambal matah ini tanpa sendok, pasti rasanya juara banget.

Bubur Ayam

Ilustrasi Bubur Ayam

Jangan salah jika anak kos juga dapat membuat bubur ayam yang simpel, murah, dan lezat. Resep bubur ayam di sini menggunakan bahan yang paling penting saja seperti beras, seperempat daging ayam tanpa tulang, kecap manis, daun bawang, dan telur.

Cara membuatnya pun juga sangat mudah dan langsung dapat langsung dipraktikan oleh pemula. Langkah pertama adalah cuci dulu berasnya, beras dimasak dengan menggunakan air bersih dalam panci, dan tambahkan garam secukupnya. Masak beras sambil diaduk-aduk hingga teksturnya lembut seperti bubur selama kurang lebih setengah jam.

Jika sudah matang, sisihkan nasi yang telah jadi bubur itu ke dalam mangkuk. Sekarang daging ayam dimasak dan dibumbui sampai matang, setelah itu tiriskan, lalu daging disuwir-suwir. Setelah jadi semua, sajikan bubur ke dalam mangkuk, taburi atasnya dengan suwiran ayam, daun bawang, bawang goreng, kecap manis, dan telur.

Jika ingin lebih pedas, dapat ditambahkan sambal sesuai selera masing-masing, dan itulah resep bubur ayam yang simpel dan lezat untuk dijadikan menu sarapan untuk anak kos.

Nasi Daun Jeruk

Ilustrasi Nasi Daun Jeruk

Nasi daun jeruk merupakan salah satu resep nasi yang memiliki cita rasa aroma yang menggugah selera. Banyak orang yang menggemari menu santapan satu ini karena cita rasanya gurih lezat dengan perpaduan aroma wangi sehingga bikin ketagihan.

Resep ini cocok banget diaplikasikan ke dalam menu anak kos yang ingin makan hemat dan enak tentunya. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu beras, daun jeruk, air santan, serai dan garam. Pertama beras dicuci bersih beserta daun jeruk, kemudian daun diiris tipis-tipis.

Beras yang sudah bersih dimasukkan ke dalam rice cooker, tambahkan air santan, daun jeruk, serai dan garam ke dalamnya, aduk rata. Kemudian tutup rice cooker dan masak nasi sampai matang.

Setelah nasi sudah matang, aduk-aduk nasi selagi panas, kemudian sajikan nasi daun jeruk ke piring dan siap untuk dinikmati.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 olahan kreasi dari nasi yang praktis dan juga dapat dijadikan sebagai menu istimewa bagi siapapun yang ingin memasak masakan simpel, murah, dan melezatkan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles