31.7 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Cara Mengobati Kanker Payudara Secara Medis Berdasar Stadium

Cara mengobati kanker payudara harus disesuaikan dengan tingkat keparahan dan stadiumnya. Sebab, sel kanker yang tumbuh tentu akan memengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda. Pengobatan kanker meliputi operasi, terapi radiasi, terapi hormon, hingga kemoterapi.

Cara mengobati kanker payudara harus disesuaikan dengan stadiumnya. Sebab, beda stadium maka akan berbeda kondisi tubuh dan tingkat keparahannya. Maka dari itu, jenis pengobatan dan perawatan yang perlu dilakukan juga akan berbeda. Lantas, bagaimana cara mengobati kanker payudara berdasarkan stadium?

Kanker payudara adalah penyakit yang terjadi karena ada pertumbuhan sel kanker di jaringan payudara. Kondisi ini muncul ketika sel-sel di jaringan payudara tumbuh tidak terkendali. Sel tersebut kemudian mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya. Berdasarkan tingkat keparahannya, penyakit ini dibedakan menjadi stadium 0, stadium 1, stadium 2, stadium 3, dan stadium 4.

Beragam Cara Mengobati Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara

Sel kanker bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus) atau di saluran yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara (ductus). Selain itu, kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara. Satu hal yang perlu diketahui, kanker payudara bisa menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria.

Jika dilihat dari tingkat keparahannya, kanker payudara dibedakan menjadi 5 stadium. Tidak hanya menandakan tingkat keparahan, stadium kanker juga menjadi acuan dalam menentukan cara mengobati kanker payudara. Secara umum, berikut cara mengobati kanker payudara berdasarkan stadiumnya:

Stadium 0 

Ini merupakan stadium awal alias tingkat paling rendah kanker payudara. Pada stadium ini, sel kanker tidak atau belum menyebar ke jaringan di sekitarnya. Cara pengobatan kanker payudara stadium 0 adalah dengan prosedur operasi untuk mengangkat sel kanker dan dilanjutkan dengan terapi untuk memastikan kanker tidak muncul kembali.

Stadium 1 

Pada stadium 1, sel kanker masih berukuran kecil. Namun, ada kemungkinan sel kanker sudah mulai menyebar ke kelenjar getah bening. Pada tahap ini, prosedur pengobatan yang dilakukan adalah operasi pengangkatan sel kanker yang dilanjutkan dengan terapi radiasi pada area yang sebelumnya terserang kanker. Pada tahap ini, terapi hormon dan kemoterapi juga mungkin dianjurkan untuk mengurangi risiko kanker tumbuh kembali.

Stadium 2 

Memasuki stadium 2, ukuran kanker sudah semakin membesar, bisa mencapai 20-50 mm. Selain itu, sel kanker juga mungkin sudah menyebar pada 1-3 kelenjar getah bening. Cara mengobati kanker payudara pada stadium ini bisa dilakukan dengan pembedahan atau pengangkatan tumor, terapi radiasi, pengangkatan payudara (masektomi), kemoterapi untuk mengecilkan ukuran payudara sebelum operasi, serta terapi hormon dan terapi bertarget.

Stadium 3 

Pada stadium 3, sel kanker sudah semakin menyebar hampir ke seluruh jaringan di payudara. Pengobatan untuk kanker payudara stadium 3 biasanya melibatkan kombinasi operasi (lumpektomi atau mastektomi) dan kemoterapi untuk mengecilkan tumor sebelum operasi. Setelah itu, dilanjutkan dengan terapi radiasi pada dinding dada atau kelenjar getah bening.

Stadium 4

Stadium 4 atau stadium terakhir merupakan tingkat paling parah pada kanker payudara. Sel kanker mungkin sudah menyebar ke kelenjar di dalam payudara hingga leher. Pilihan pengobatan untuk kanker payudara stadium 4 bertujuan untuk meringankan gejala, meningkatkan kualitas hidup, dan memperpanjang rentang hidup. Cara pengobatan kanker payudara yang bisa dilakukan meliputi terapi hormon, terapi bertarget, kemoterapi, imunoterapi, radiasi, atau pembedahan.

Nah, itulah penjelasan mengenai Cara mengobati kanker payudara harus disesuaikan dengan tingkat keparahan dan stadiumnya. Sebab, sel kanker yang tumbuh tentu akan memengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda. Pengobatan kanker meliputi operasi, terapi radiasi, terapi hormon, hingga kemoterapi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles