28.4 C
Jakarta
Sunday, May 19, 2024

Ethereum Merge Demi Pangkas Konsumsi Energi

Blockchain ethereum akan menjalani pembaruan perangkat lunak (merge) pada pekan ini untuk memangkas konsumsi energinya yang besar. Langkah ini dinilai dapat memperluas penggunaan teknologi dan mendukung harga token kripto ether.

Ethereum, blockchain yang menopang token eter kripto terbesar kedua di dunia, akan segera menjalani peningkatan software  (Ethereum Merge) yang menjanjikan untuk memangkas jumlah energi yang dibutuhkan membuat koin baru dan melakukan transaksi.

Pembaruan atau merge tersebut akan menandai perubahan radikal tentang bagaimana transaksi di blockchain ethereum terjadi dan token ether dibuat. Menurut Ethereum Foundation, sistem baru ini akan mengonsumsi 99,95 persen lebih sedikit energi.

Jadwal pasti pelaksanaan merge masih belum diketahui. Namun, Google dan situs lain yang melacak blockchain memperkirakan aksi itu akan terjadi pada Kamis (15/9) dini hari.

Sementara, Ethereum Foundation mengatakan merge akan berlangsung pada 10 hingga 20 September mendatang setelah sempat tertunda beberapa kali.

Melansir Reuters, Rabu (14/9), jika proses ini berhasil, maka ethereum akan beralih dari sistem ‘bukti kerja’ menjadi sistem ‘bukti kepemilikan’. Dalam sistem ‘bukti kerja’, komputer yang haus energi memvalidasi transaksi dengan memecahkan masalah matematika yang kompleks.

Sedangkan dalam sistem ‘bukti kepemilikan’, individu dan perusahaan bertindak sebagai validator, menggunakan ether mereka sebagai jaminan dalam upaya untuk memenangkan token baru.

Ethereum adalah cryptocurrency terbesar kedua setelah bitcoin, dengan kapitalisasi pasar sekitar US$200 miliar. Terdapat sekitar 1 juta hingga 1,5 juta juta transaksi per hari di blockchain ethereum.

Sementara, harganya meningkat sekitar 65 persen sejak akhir Juni menjelang merge.
Penggunaan energi tinggi dari teknologi kripto dan blockchain telah menuai kritik dari beberapa investor dan pencinta lingkungan.

Satu transaksi di ethereum saat ini diperkirakan membutuhkan daya sebanyak rata-rata penggunaan rumah tangga AS dalam seminggu.

Penjelasan Singkat Mengenai Merge Ethereum yang Akan Segera Terjadi

Blockchain Ethereum akan bergabung dengan blockchain terpisah. Secara teori ini akan mengubah cara memproses transaksi dan bagaimana token eter baru dibuat.

Sistem baru yang dikenal sebagai proof-of-stake atau konsep yang menyatakan seseorang dapat menambang atau memvalidasi transaksi sesuai jumlah koin yang dipegang, akan memangkas konsumsi energi blockchain Ethereum hingga 99,9%.

Seperti yang diketahui, sebagian besar blockchain, termasuk bitcoin, menghabiskan energi dalam jumlah besar, memicu kritik dari beberapa investor dan pencinta lingkungan.

Ethereum Foundation, sebuah organisasi nirlaba terkemuka, mengatakan peningkatan tersebut akan membuka jalan bagi pembaruan blockchain lebih lanjut yang akan memfasilitasi transaksi yang lebih murah.

Biaya tinggi dan waktu transaksi yang lambat saat ini merupakan dua masalah utama yang dimiliki pengguna dengan jaringan Ethereum. Proyek pembaruan ini akan secepatnya dilakukan. Penggabungan dijadwalkan selesai antara 10 hingga 20 September, meskipun belum ada waktu tepatnya kapan.

Pertukaran crypto utama, termasuk Coinbase Global dan Binance, telah mengatakan mereka akan menghentikan setoran dan penarikan eter selama penggabungan. Pengguna tidak perlu melakukan apa pun dengan dana atau dompet digital mereka sebagai bagian dari peningkatan, kata mereka.

Penggabungan telah tertunda beberapa waktu lalu. Baru-baru ini, harga ether turun sekitar 8% pada 11 April setelah pengembang utama Ethereum mengatakan rencana untuk acara yang ditetapkan untuk Juni telah didorong kembali karena tes pada perangkat lunak berlanjut.

Pendukung Ethereum mengatakan Merge ini adalah momen monumental untuk sektor crypto senilai US$ 1 triliun. Para pendukung percaya bahwa Merge akan membuat Ethereum lebih menguntungkan dibandingkan dengan bitcoin saingan beratnya dalam hal harga dan kegunaan.

Nah, itulah penjelasan mengenai Blockchain ethereum yang akan menjalani pembaruan perangkat lunak (merge) pada pekan ini untuk memangkas konsumsi energinya yang besar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles