34 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

4 Rekomendasi Wisata “Negeri di Atas Awan” Terbaik di Yogyakarta

Mimpi jadi bidadari yang bisa terbang ke awan? Tenang, kamu bisa wujudkan mimpimu dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di Yogyakarta berikut ini. Letaknya yang berada di pegunungan menyajikan pemandangan dari ketinggian dengan disertai udara yang sejuk sehingga membuatmu seakan-akan seperti berada di negeri di atas awan.

Berikut sederet tempat-tempat wisata alam di Yogyakarta yang seakan-akan membuatmu seperti berada di negeri di atas awan. Simak yuk!

Kebun Buah Mangunan

ilustrasi Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan diincar wisatawan yang ingin menikmati sunrise dan sensasi berada di atas awannya. Karena kebun ini berada di atas bukit yang dikelilingi perbukitan lain dan Sungai Oya. Saat sunrise tiba akan ada kabut melayang di atas Sungai Oya membentuk lautan awan sehingga menyerupai negeri di atas awan.

Selain itu, kamu dapat melakukan banyak aktivitas di Kebun Buah Mangunan seperti mempelajari tanaman dan pupuk, berfoto di banyak spot yang disediakan, bermain outbond, atau hanya bersantai menikmati pemandangan dengan sejuknya udara di ketinggian 200 mdpl.

Alamat:  Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY 55783.

Buka: Pukul 05.00–10.00 WIB dan 14.00–17.30 WIB

Harga tiket masuk: Rp5. 000 (weekday) dan Rp6.000 (weekend)

Bukit Panguk Kediwung

ilustrasi Bukit Panguk Kediwung

Jika kamu merasa di Kebun Buah Mangunan terlalu ramai, kamu bisa kunjungi Bukit Panguk Kediwung. Lokasinya tidak jauh, hanya berjarak 2 km. Kamu akan mendapatkan panorama yang sama dengan Kebun Buah Mangunan di tempat ini.

Daya tarik Bukit Panguk ini adalah sunrise indah berselimut kabut bak negeri di atas awan sehingga tempat ini ramai dikunjungi di pagi hari dan akan sepi pengunjung di siang dan sore hari.

Bukit Panguk menyediakan beberapa spot foto menarik untuk mengabadikan momen saat kamu berada di sana. Dan fasilitas lainya pun sudah lengkap seperti halaman parkir, toilet, mushola, dan banyak warung makanan untuk mengamankan perut kamu.

Alamat: Dusun Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY 55783.

Buka: Pukul 05.00–18.00 WIB

Harga tiket masuk: Rp11.000

Tebing Watu Mabur Mangunan

ilustrasi Tebing Watu Mabur Mangunan

Tebing ini menjadi salah satu tempat paling populer untuk mendapatkan foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah karena tempat ini memiliki pemandangan berupa Pegunungan Seribu yang berada di Gunung Kidul, Sungai Oya, dan di bagian bawahnya terdapat terasering persawahan yang memanjakan mata.

Kawasan ini awalnya hanyalah berupa perbukitan yang digunakan sebagai tempat camping. Lalu mengikuti perkembangan zaman, tempat ini dikembangkan menjadi tempat wisata alam yang bisa dinikmati wisatawan tanpa harus berkemah.

Selain indahnya sunrise yang menakjubkan, di tempat ini kamu juga bisa menikmati indahnya lampu-lampu kota bagaikan bintang dari ketinggian di malam hari. Tebing Watu Mabur pun ramah untuk berkemah bersama anak dan keluarga karena tempatnya tidak jauh dari kota dan sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap.

Alamat: Lemah Abang, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.

Buka: 24 jam

Harga tiket masuk: Rp2.000

Geoforest Watu Payung

ilustrasi Geoforest Watu Payung

Masih di sekitar perbukitan yang dikelilingi Sungai Oya pembatas Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, bergeser sedikit ke arah Gunungkidul, terdapat tempat wisata Watu Payung yang menyajikan panorama alam bagai negeri di atas awan.

Watu Payung ini berada di dalam kawasan hutan konservasi atau geoforest di Jogja. Tempat ini tidak hanya diminati wisatawan untuk menikmati pemandangan sunrise tapi juga sunset sehingga banyak pengunjung yg rela menginap atau berkemah di sini.

Untuk memanjakan pengunjung, pihak pengelola menyediakan spot – spot foto yang instagramable. Selain itu fasilitas di sini pun sudah lengkap, jadi nyaman bukan mengunjungi teman ini?

Alamat: Turunan, Girisuko, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Buka: Pukul 05.00–21.00 WIB

Harga tiket masuk: Rp5.000

Nah, itulah deretan tempat wisata di atas sangat indah bukan? Selain itu tempat – tempat tersebut juga dapat dijangkau dengan mudah. Kamu bisa menempuh perjalanan tidak lebih dari 1 jam dari pusat kota Yogyakarta. Pastikan gunakan kendaraan yang prima dalam perjalanan. Selamat berlibur!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles