35 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

5 Sandwich yang Paling Populer di Amerika Selatan

Sandwich atau yang juga disebut sebagai roti isi adalah makanan yang umumnya terdiri dari dua potong roti yang diberikan isian. Isiannya sendiri dapat berupa daging-dagingan, sayur-sayuran, maupun buah-buahan.

Selain lezat dan mengenyangkan, sandwich juga merupakan makanan yang tergolong simpel dan mudah untuk dibawa. Makanan ini juga sangat cocok untuk disantap sebagai menu sarapan dan makan siang.

Berbicara soal sandwich, Amerika Selatan mempunyai beragam olahan roti lapis yang menggugah selera. Pastinya akan terasa semakin spesial karena menggunakan bahan-bahan lokal. Penasaran? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Choripán

Ilustrasi Choripan

Choripán adalah salah satu street food paling populer masyarakat Argentina dan negara-negara lain di Amerika Latin, seperti Chili, Uruguay, Brazil, dan Paraguay. Nama choripán sendiri diadaptasi dari dua kata, yaitu chorizo yang berarti sosis dan pan yang artinya roti.

Jenis sosis yang umumnya digunakan untuk membuat choripán adalah chorizo criollo atau parrillero. Salah satu ciri khas dari sandwich ini adalah saus chimichurri-nya yang kaya akan herba.

Butifarra

Ilustrasi Butifarra

Olahan kedua ini merupakan makanan yang sudah sangat populer dan telah menjadi bagian penting dalam kuliner Peru. Butifarra adalah sandwich yang terbuat dari roti rosetta yang diberikan isian jamón del país (ham yang dimasak dan dibumbui dengan gaya khas Peru), cabai, selada, lobak, dan salsa criolla (makanan pelengkap khas Amerika Selatan).

Menemukan sandwich ini tidak sulit. Butifarra banyak dijual di kedai pedagang kaki lima dan juga toko sandwich atau yang disebut sangucherías. Kalau di negara asalnya, makanan satu ini biasanya menjadi sajian untuk perayaan ulang tahun.

Barros Luco

Ilustrasi Barros Luco

Barros luco adalah sandwich khas Chili yang terbuat dari dua potong roti yang diberikan isian potongan steak yang diberikan lelehan keju di atasnya. Nama makanan ini diturunkan diadopsi dari nama Presiden Ramón Barros Luco, Presiden Chili yang menjabat dari tahun 1910 hingga tahun 1915. Bukan tanpa alasan, nama ini diambil karena kecintaan sang presiden terhadap sandwich satu ini.

Chivito

Ilustrasi Chivito

Jika berbicara soal kuliner Uruguay, makanan satu ini sangat tidak boleh dilewatkan. Chivito adalah makanan nasional dari Uruguay berupa sandwich yang terbuat dari sepotong roti ciabatta yang dibelah dua. Kemudian roti tersebut diberi isian, seperti potongan churrasco (daging sapi panggang), ham, tomat, bacon, selada, telur mata sapi, mayones, dan keju mozzarella.

Kalian juga dapat menambahkan bahan-bahan lain yang kalian suka sebagai topping-nya, seperti buah zaitun atau acar bawang. Selain itu, jika ingin menambahkan makanan pelengkap, salad kubis dan kentang goreng merupakan opsi terbaik.

Chacarero

Ilustrasi Chacarero

Selain barros luco, ada satu lagi sandwich khas Chili yang tak kalah menggugah selera. Sandwich yang dimaksud adalah chacarero. Sandwich yang isiannya terdiri dari potongan daging sapi panggang, tomat, buncis, dan jalapeño.

Nama chacarero sendiri berasal dari kata chacra yang dalam bahasa Spanyol berarti peternakan. Alasan pemilihan kata ini erat kaitannya dengan penggunaan sayuran sebagai bahan utama sandwich ini.

Nah, itulah penjelasan mengenai sandwich dari Amerika Selatan yang mempunyai beragam olahan roti lapis yang menggugah selera.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles