31.7 C
Jakarta
Friday, March 29, 2024

Gempa Taiwan, 146 Terluka Akibat Gempa

Gempa kembali mengguncang Taiwan, hari ini Senin (19/9/2022). Dilaporkan gempa susulan tersebut berkekuatan 5,9 M, Dikutip dari kompas.com. Gempa terjadi hari ini pada pukul 10.07 waktu setempat, atau sekitar pukul 09.07 WIB. Biro Cuaca Pusat Taiwan mencatat, pusat gempa berada di 69 kilometer selatan-barat daya Hualien dengan kedalaman 13,4 km.

Gempa dirasakan di sejumlah wilayah Taiwan seperti di Hualien dengan intensitas 5, intensitas 4 di Taitung dan Nantou. Sementara dengan intensitas 3 tercatat di Chiayi, Yunlin, Taichung, Chiayi, Changhua, Tainan, Yilan, Miaoli dan New Taipei.

Badan Meteorologi Jepang pada Minggu sempat mengeluarkan peringatan tsunami 1 meter mulai pukul 16.10 waktu setempat. Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,8 melanda bagian tenggara Taiwan yang jarang penduduknya pada Minggu siang, 18 September 2022.

Menurut biro cuaca pulau itu, gempa Taiwan 18 September 2022 ini membuat gerbong kereta tergelincir, toko serba ada runtuh, dan menjebak ratusan orang di jalan pegunungan.

Biro cuaca mengatakan pusat gempa Taiwan ini berada di daerah Taitung. Sementara Survei Geologi AS mengukur gempa Minggu kemarin berkekuatan magnitudo 7,2 dan pada kedalaman 10 km.

Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,4

Ilustrasi Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,4

Gempa Taiwan ini terjadi setelah gempa berkekuatan magnitudo 6,4 melanda daerah yang sama pada sehari sebelumnya yakni Sabtu malam, 17 September 2022 dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Dilansir prfmnews.id dari laman Reuters, pemadam kebakaran Taiwan mengatakan satu orang tewas dan 146 terluka akibat gempa.

Keempat orang tersebut berhasil diselamatkan dari gedung yang ambruk di Kota Yuli, sedangkan tiga orang yang kendaraannya jatuh dari jembatan yang rusak berhasil diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit.

Administrasi Kereta Api Taiwan menyebut enam gerbong keluar dari rel di stasiun Dongli, Taiwan timur setelah bagian dari kanopi platform runtuh. Pemadam kebakaran mengatakan tidak ada korban luka.

Gempa tersebut bisa dirasakan di seluruh Taiwan, kata Biro Cuaca. Bangunan-bangunan di Ibu Kota Taipei juga terus terguncang, dan gempa susulan masih menghantam pulau itu. Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi.

Terjebak di Daerah Pegunungan Chike dan Liu Shishi

Ilustrasi dari Terjebak di Daerah Pegunungan Chike dan Liu Shishi

Lebih dari 600 orang terjebak di daerah pegunungan Chike dan Liu Shishi dengan jalan yang terblokir. Tim penyelamat kemudian berhasil membuka kembali akses jalan, dan dilaporkan tidak ada korban di lokasi itu yang terluka.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS mengeluarkan peringatan untuk Taiwan setelah gempa tetapi kemudian mencabutnya. Badan cuaca Jepang juga mencabut peringatan yang terjadinya tsunami untuk sebagian prefektur Okinawa.

Biro cuaca menjelaskan, gempa itu dirasakan di seluruh Taiwan. Bangunan berguncang sebentar di ibu kota Taipei, dan gempa susulan terus mengguncang pulau itu. Gempa itu tidak berdampak pada operasional Taman Sains di kota selatan Tainan dan Kaohsiung, rumah bagi pabrik semikonduktor besar.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), pembuat chip kontrak terbesar di dunia, mengatakan “tidak ada dampak signifikan yang diketahui untuk saat ini”. Taiwan memang rentan dilanda gempa bumi karena terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik.

Lebih dari 100 orang tewas ketika gempa guncang Taiwan selatan pada 2016, sementara gempa berkekuatan magnitudo 7,3 menewaskan lebih dari 2.000 orang pada 1999. Gempa berkekuatan 7,3 SR menewaskan lebih dari 2.000 orang.

Sejumlah akun media sosial membagikan video-video terkait gempa yang terjadi. Jurnalis bloomberg Tim Culpan membagikan rekaman ekstrem bagaimana ada dua bagian jalan raya yang runtuh.

Nah, Inilah pembahasan tentang Gempa Taiwan, 146 Terluka Akibat Gempa. Ternyata Gempa dirasakan di sejumlah wilayah Taiwan seperti di Hualien dengan intensitas 5, intensitas 4 di Taitung dan Nantou.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles