29 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Inilah 4 Hewan yang Berkembang Biak dengan Cara Ovipar

Berkembang biak adalah salah satu cara makhluk hidup mempertahankan generasi. Lewat cara itu, keberlangsungan populasi terus terjaga dan terhindar dari kepunahan. Ada berbagai macam cara berkembang biak, seperti bertelur, melahirkan, dan campuran keduanya.

Kita tahu bahwa manusia berkembang melalui melahirkan. Namun, hewan bisa ketiganya. Dalam artikel kali ini akan membahas salah satu cara berkembang biak, yakni bertelur atau ovipar.

Mengenal ovipar

Secara sederhana, ovipar adalah sebutan ilmiah bagi hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Dilansir idntimes.com, setiap hewan yang mengalami proses ini melakukan  pembuahan secara internal, tetapi perkembangan embrionya terjadi secara eksternal.

Misalkan, ayam mengeluarkan telur hasil pembuahan internal. Telur tersebut tidak memiliki embrio yang matang. Maka, untuk membuat embrionya lebih baik, terjadi proses pembuahan eksternal, yakni melakukan pengeraman hingga menetas.

Proses seperti ini memang membuat jumlah telur yang dihasilkan oleh spesies ovipar melebihi jumlah keturunan dari spesies yang melahirkan (vivipar). Namun, tulis Britannica, kemungkinan bertahan hidupnya berkurang.

Contoh hewan ovipar

Ada banyak contoh hewan ovipar. Agar lebih mudah memahaminya, IDN Times akan mengkategorikannya menjadi empat bagian:

Kelompok ikan

Ilustrasi hewan Kelompok ikan

Hampir seluruh populasi ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Hanya sedikit ikan yang berkembang di luar cara itu, salah satunya ikan hiu yang berkembang dengan ovovivipar dan paus yang melahirkan dan menyusui (vivipar).

Dilansir biologynotes, proses berkembang biak pada ikan diawali oleh percampuran sel telur betina dan sel sperma jantan. Ketika berhasil tercampur, terjadi proses pembuahan dan tercipta telur.

Nantinya, telur-telur tersebut akan dikeluarkan oleh induknya dengan jumlah yang sangat banyak. Biasanya, induk akan menaruh telur di batu karang atau tempat-tempat lain yang sekiranya aman dari bahaya. Jika sudah waktunya, telur tersebut akan menetas lalu tumbuh besar menjadi ikan dewasa.

Kelompok reptil

Ilustrasi dari kelompok reptil

Secara definisi, Brittanica menulis reptil adalah hewan kelompok vertebrata, mengalami pembuahan internal, dan pada umumnya memiliki sisik di sebagian atau seluruh tubuhnya. Hewan-hewan yang termasuk reptil adalah buaya, cicak, kura-kura, ular, kadal, dan sebagainya.

Proses pembuahan terjadi ketika reptil betina dan jantan kawin. Perkawinan ini, jika berhasil, membuat reptil betina mengeluarkan telur. Biasanya, induk akan menggali lubang dan menaruh telur-telurnya di sana. Tidak seperti ayam, induk spesies reptil akan meninggalkan telur-telurnya sendirian.

Dengan bantuan cahaya, suhu pada telur akan tetap hangat dan terjaga. Ketika embrio sudah matang, maka telur akan menetas dan menghadirkan anak reptil.

Kelompok amfibi

Ilustrasi dari kelompok amfibi

National Wildlife Federation menyebut amfibi sebagai hewan berdarah dingin yang hidup di dua wilayah berbeda, yakni air dan darat. Contoh hewan yang termasuk kelas ini adalah katak, kodok, salamandel, kadal air, dan lain-lain. Untuk bereproduksi amfibi meneruskan generasi dengan mengeluarkan telur.

Telur tersebut adalah hasil perkawinan antara jantan dan betina. Tiap-tiap hewan amfibi biasanya mengeluarkan telur hingga ratusan. Namun, jumlah tersebut tidak semuanya berhasil.

Kelompok unggas

Ilustrasi hewan unggas

Ayam, bebek, itik, angsa, burung, dan sebagainya termasuk kelompok unggas. Jika mengacu pada hewan-hewan yang sudah disebutkan, maka unggas memiliki karakteristik berbulu, berkaki dua, dan berkembang biak dengan cara bertelur.

Apabila telur dikeluarkan dari betina, maka harus dierami oleh betina agar embrionya tetap terjaga. Induk berupaya membuat telur tersebut aman. Caranya dengan membuat tempat khusus dari dedaunan, misalkan, untuk menaruh telur. Nanti, induk akan menjaganya berhari-hari. Setelahnya, telur akan menetas dan menambah populasi unggas.

Demikian hewan ovipar yang dapat kamu ketahui. Apapun cara berkembang biak makhluk hidup, kita harus selalu menjaga keberlangsungannya agar tidak ada kepunahan pada hewan.

Nah, Inilah pembahasan tentang 4 Contoh Hewan Ovipar, Cara Hewan Berkembang Biak. Maka dari itu keberlangsungan populasi terus terjaga dan terhindar dari kepunahan. Ada berbagai macam cara berkembang biak, seperti bertelur, melahirkan, dan campuran keduanya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles