31.1 C
Jakarta
Thursday, July 11, 2024

Inilah Sejarah 19 September Hari Bahasa Bajak Laut Internasional

Hari Bahasa Bajak Laut Internasional diperingati setiap tanggal 19 September. Peringatan yang juga disebut dengan Talk Like a Pirate Day dapat dirayakan dengan berbicara ala-ala bajak laut, baik seperti di SpongeBob SquarePants atau Pirate of a Carribean.

Peringatan ini telah dibuat sejak 1995. Dalam sejarahnya, Hari Bahasa Bajak Laut Internasional dibuat oleh dua orang yang bersahabat di Amerika Serikat. Penasaran dengan sejarah? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Apa itu Bajak Laut?

Ilustrasi Bajak Laut

Bajak laut merupakan sekumpulan perampok di laut yang bertindak di luar hulu. Mereka tidak berkaitan dengan politik atau organisasi mana pun. Bajak laut hanya mencari keuntungan sendiri dan tidak melayani siapa pun.

Kata bajak laut atau pirate berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘menyerang’, dan ‘merampok’. Dalam Bahasa Indonesia dan Melayu sebutan lain untuk bajak laut, yakni lanun yang berasal dari nama lain salah satu suku maritim di Indonesia. Sementara, di Malaysia kata ini memiliki arti, orang laut.

Sejarah Hari Bahasa Bajak Laut Internasional

Ilustrasi Bajak Laut

Hari Bahasa Bajak Laut Internasional atau International Talk Like a PirateDaydisingkat ITLAPD merupakan hari libur parodi yang dibuat pada 1995 oleh John Baur (Ol’ Chumbucket) dan Mark Summers (Cap’n Slappy), dari Albany, Oregon, Amerika Serikat.

Sejarah peringatan ini diawali saat Summer bermain bola raket dengan Baur. Tiba-tiba salah satu dari mereka merasakan cedera dengan mengucapkan “Aaarr!”. Akhirnya, ide Hari Bahasa Bajak Laut Internasional itu tercetus.

Permainan bola raket tersebut diadakan pada 6 Juni 1995. Namun, untuk menghormati mantan istri Summer, mereka memilih 19 September untuk hari peringatan tersebut.

Berawal dari lelucon, Baur dan Summer kemudian mengirimkan surat tentang liburan yang mereka ciptakan kepada kolomnis humor sindikasi AS, Dave Barry pada 2002. Usulan tersebut diterima oleh Barry dan dipromosikan olehnya hingga menjadi sebuah hari peringatan internasional.

Cara Memperingati Hari Bahasa Bajak Laut Internasional

Ilustrasi Bajak Laut

Saat Hari Bajak Laut Internasional, kalian dapat merayakannya dengan memberi salam kepada teman-teman layaknya seorang bajak laut. Contohnya, dengan memanggil “Ahoy, matey!” atau kata-kata lainnya yang berkaitan dengan bajak laut.

Selain itu, kamu juga bisa menonton film yang bertemakan bajak laut, seperti Pirates of Carribean, SpongeBob Squarepants, atau The Pirates. Kegiatan tersebut pasti menyenangkan!

Nah, itulah penjelasan mengenai sejarah lengkap mengenai 19 September sebagai Hari Bahasa Bajak Laut Internasional. Berawal dari sebuah lelucon, hingga menjadi perayaan internasional.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles