25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

Tentara Somalia Rebut Kembali 2 Desa dan Bunuh 105 Teroris Al-Shabab

Tentara Nasional Somalia, pada Senin (19/9/2022), mengumumkan bahwa mereka selama akhir pekan kemarin telah melancarkan serangan terbaru terhadap Al-Shabab di wilayah Hiran tengah, dan berhasil menewaskan 105 teroris.

Dalam serangan itu, pasukan Somalia berhasil merebut kembali dua desa di Hiran yang dikuasai Al-Shabab selama lebih dari dua dekade.

Sekitar 75 Pasukan Al-Shabab Terbunuh di Yasooman dan 30 lainnya di Sekitar Aborey

Komandan senior pasukan Somalia di Hiran, mengatakan kepadaVOA bahwa baku tembak sengit terjadi antara militer dan Al-Shabab sejak Sabtu pagi, utamanya di desa Aborey dan Yasooman.

Dalam serangan itu, militer berhasil menewaskan 75 gerilyawan Al-Shabab di Yasooman dan 30 lainnya di sekitar Aborey. Kepala Tentara Nasional Somalia, Odowa Yusuf Rage, mengatakan bahwa militer telah menewaskan 75 militan Al-Shabab di Yasooman selama akhir pekan.

Rage menyampaikan, operasi itu juga berhasil menangkap puluhan anggota Al-Shabab dan menyita peralatan dan senjata.

“Tentara mengorbankan hidup, kenyamanan, dan ikatan keluarga mereka untuk membebaskan negara kita,” katanya.

Media pemerintah telah menunjukkan puluhan mayat militan, senjata, dan amunisi militer setelah pertempuran.

Operasi Militer Melawan Teroris Dibantu Milisi Lokal

Pemerintah pada Minggu mengatakan, beberapa serangan militer baru-baru ini telah menewaskan 200 pejuang Al-Shabab dan berhasil merebut kembali 30 desa yang dikuasai kelompok teroris itu.

Malik Abdalla, anggota parlemen federal Somalia dari Hiran. Melaporkan bahwa dalam pertempuaran di Hiran pasukan pemerintah dibantu okeh milisi lokal yang dikenal sebagai Macawisley.

Dia menyampaikan penduduk desa sudah muak dengan Al-Shabab. Milisi lokal mampu menewaskan sedikitnya 45 pejuang Al-Shabab dan memenggal beberapa dari mereka

Abdalla juga menyampaikan, alasan warga di Hiran atau orang-orang di wilayah ini berperang adalah karena mereka sudah tidak tahan dengan kesulitan yang mereka hadapi akibat ulah Al-Shabab.

Anggota perlemen itu juga menyampaikan, penduduk telah berusaha bertahan hidup setelah Al-Shabab meledakkan sumur air mereka dan membakar desa.

Al-Shabab Menyatakan Siap Berperang dengan Somalia

Presiden Hassan Sheikh Mohamud telah mengumumkan bahwa pemerintahannya akan melancarkan perang total melawan Al-Shabab. Pernyataan itu dilontarkan setelah kelompok itu menyerang sebuah hotel di ibu kota Mogadishu pada bulan lalu, yang menewaskan lebih dari 20 orang dan melukai sedikitnya 100 lainnya.

Mengenai klaim pemerintah Somalia, Al-Shabab belum memberikan tanggapan. Namun, melalui video yang dirilis pada Minggu malam. Juru bicara Al-Shabaab Mohamoud Rage mengatakan bahwa pihaknya siap untuk memerangi pasukan Somalia.

Rage memperingatkan agar warga Mogadishu untuk menjauh dari hotel yang sering dikunjungi oleh pejabat pemerintah Somalia.

Nah, itulah penjelasan mengenai Tentara Nasional Somalia, pada Senin (19/9/2022), yang telah mengumumkan bahwa mereka selama akhir pekan kemarin telah melancarkan serangan terbaru terhadap Al-Shabab di wilayah Hiran tengah, dan berhasil menewaskan 105 teroris.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles