28.4 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

Inilah 5 Ragam Sate Kambing di Indonesia yang Jarang Diketahui!

Meski peminat sate kambing tak sebanyak sate ayam karena alasan kesehatan maupun kesukaan, siapa sangka jika sate kambing di Indonesia ada beragam jenisnya. Masing-masing bahkan punya ciri khasnya sendiri.

Bahannya boleh sama dari daging atau bagian tubuh kambing lainnya, tetapi dibedakan dari segi bumbu, proses pembuatan, sampai penamaannya. Maka dari itu, kenikmatannya akan terasa berbeda. Penasaran dengan ragam sate kambing khas dari Indonesia yang rasanya nikmat banget? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini!

Sate Buntel

Ilustrasi Sate Buntel

Kota Solo memang terkenal dengan olahan kambingnya, seperti sate, tongseng, gulai, sampai tengkleng. Satenya sendiri tak sekadar dari irisan daging kambing yang ditusukkan saja. Ada sate buntel yang wajib untuk kalian coba. Sate buntel berbahan utama daging kambing yang sudah dilembutkan dan dibumbui dengan bumbu khas.

Hampir mirip sate lilit, tetapi daging yang sudah direkatkan pada tusukan dibungkus dengan usus atau lemak kambing. Di daerah asalnya, sate buntel disajikan dengan saus kecap yang dilengkapi irisan cabai, tomat, bawang merah, dan kol.

Sate Klatak

Ilustrasi Sate Klatak

Sate klatak sangat populer di daerah Yogyakarta. Klatak ini memiliki kesamaan dengan sate kambing pada umumnya, tetapi ukuran potongan daging kambing lebih besar. Selain itu, bukan tusukan dari bilih bambu yang digunakan, melainkan besi yang panjang.

Sate klatak juga dibumbui amat sederhana pada saat pembakaran. Hanya menggunakan bawang putih serta garam. Keistimewaan sate klatak terletak pada penyajiannya. Bukan saus kacang atau pun kecap, namun sate klatak disajikan dengan sepiring kuah gulai kambing yang sedap banget.

Sate Balibul

Ilustrasi Sate Balibul/center>

Kota Tegal terkenal dengan sate kambing yang menggunakan daging kambing. Daging kambing yang digunakan usianya di bawah lima bulan (balibul) atau di bawah tiga bulan (batibul). Dapat dikatakan, sate kambing khas Tegal menggunakan kambing muda.

Pemilihan daging berdasarkan usia bukan tanpa alasan. Konon, kambing muda menghasilkan daging yang empuk dan tak begitu bau prengus. Oleh karena itu, sate balibul atau batibul langsung dibakar tanpa dibumbui. Kemudian, sate disajikan di atas piring yang sudah teracik saus kecap bersama irisan cabai rawit dan bawang merah.

Sate Matang

Ilustrasi Sate Matang

Karena faktor harga, sate matang khas Aceh saat ini mudah dijumpai dengan bahan dasar daging sapi. Padahal, sate matang mulanya dibuat dari daging kambing. Meski tak banyak, masih ada pedagang yang menjajakan sate matang dari daging kambing.

Sate matang memiliki ciri khas terletak dari bumbunya yang kaya rempah. Di samping itu, sate matang juga disajikan dengan semangkuk kuah kari. Keberadaan pelengkap tersebut jadi ciri khas sate matang juga.

Sate Madura

Ilustrasi Sate Madura

Sate madura paling mudah untuk kalian jumpai di setiap daerah di Indonesia. Jenis sate ini dapat dibuat dari daging ayam maupun daging kambing. Sate madura dengan daging kambing punya kenikmatan tersendiri. Bumbunya medok dengan ciri khas disantap dengan lontong. Membuat siapa pun menyukai sate madura.

Nah, itulah penjelasan mengenai beragam jenis sate kambing yang ada di Indonesia. Meski memiliki bahan baku yang sama, yakni kambing, ragam sate yang disebutkan tadi ternyata memiliki ciri khas masing-masing yang menciptakan aneka ragam cita rasa.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles