27.9 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

Inilah Sejarah, Pengertian, Hingga Jenis-Jenis Gamelan

Gamelan adalah salah satu alat musik tradisional yang masih eksis dalam berbagai acara adat hingga kesenian masyarakat di Jawa. Ansambel musik satu ini terdiri dari beberapa alat musik tradisional, seperti gong, saron, bonang, suling, dan sebagainya.

Menjadi salah satu warisan budaya yang telah ada sejak ratusan tahun lalu, gamelan kini telah dikenal secara mendunia. Lantas, bagaimana sejarah gamelan di Indonesia dan apa saja jenis-jenis gamelan itu? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini!

Apa itu Alat Musik Gamelan?

IlustrasiAlat Musik Gamelan

Gamelan adalah instrumen musik yang terdiri dari beberapa alat musik yang dibunyikan secara bersama-sama dan termasuk alat musik tradisional di Indonesia. Kepopuleran alat musik ini tak hanya di tingkat nasional, tapi juga sampai ke mancanegara.

Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang terdiri dari kata gamel, yaitu memukul atau menabuh. Kemudian ditambahkan akhiran-an yang berperan untuk membentuk kata benda. Dengan begitu, gamelan diartikan sebagai alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul.

Asal-Usul Alat Musik Gamelan

Ilustrasi Alat Musik Gamelan

Ternyata, gamelan punya sejarah yang cukup panjang di Indonesia pada abad ke-8 sampai abad ke-11. Alat musik tradisional ini muncul dan berkembang sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha di wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali.

Hal tersebut tertera jelas pada dinding Candi Borobudur yang berisi tentang alat musik gamelan di zaman kerajaan Sriwijaya pada abad ke-6 sampai 13 Masehi. Dulu, seseorang yang ahli bermain gamelan dianggap punya sifat yang berani dan bijaksana. Maka dari itu, para keluarga kerajaan dan bangsawan sangat diharapkan menguasai alat musik satu ini.

Masyarakat Jawa percaya bahwa gamelan pertama kali diciptakan oleh Sang Hya Era Saka, Dewa Penguasa tanah Jawa. Gong menjadi alat musik yang pertama kali diciptakan dan dipakai untuk memanggil para dewa. Seiring berjalannya waktu, terciptalah instrumen musik gamelan lainnya.

Gamelan menunjukkan kepopulerannya pada zaman kerajaan Majapahit, malahan sampai ada jadwal pertunjukan di pengadilan. Tak berhenti di sana, alat musik ini pun digunakan untuk menyebarkan agama Islam oleh Sunan Bonang, salah satu tokoh Walisongo.

Sunan Bonang menggunakan gamelan yang kental dengan nuansa Hindu-Budha sebagai media untuk menyampaikan dakwah ajaran Islam. Ia berusaha untuk menyesuaikan dengan masyarakat Jawa agar dakwah-dakwahnya bisa diterima oleh mereka.

Alat Musik Gamelan dan Cara Memainkannya

Kendhang

Kendhang atau gendang merupakan instrumen yang mampu mengatur irama musik gamelan dan tempo pada lagu. Cara memainkan alat ini cukup dengan memukul menggunakan telapak tangan di bagian pinggir kendhang.

Gendang terbuat dari kayu yang dilubangi pada kedua sisinya, kemudian dilapisi oleh selaput membran yang menjadi sumber suara. Selaput membran sendiri terbuat dari kulit hewan, seperti kerbau, sapi, atau rusa.

Bonang

Bonang merupakan salah satu instrumen gamelan yang cukup penting. Pasalnya, ia berperan sebagai penguat melodi dasar pada sebuah lagu. Alat ini dimainkan menggunakan dua buah tongkat yang telah dilapisi karet pada ujung tongkat.

Bentuk bonang sama seperti pot, yaitu bulat dan punya tonjolan di bagian tengah sebagai pusat untuk dipukul. Untuk satu set, bonang terdiri dari 14 buah yang diletakkan pada suatu rangkaian dan disusun secara horizontal.

Kempul

Kempul adalah instrumen yang dimainkan dengan cara dipukul sama seperti gong, namun punya ukuran yang lebih kecil. Bedanya, alat ini bisa dimainkan dengan nada seperti alat musik balungan. Bahkan bisa juga mendahului nada dari alat balungan.

Gender

Gender merupakan instrumen gamelan Jawa dan Bali yang tersusun dari 10 hingga 14 bilah. Alat ini terbuat dari kuningan yang digantung di atas bumbung-bumbung resonator.

Cara memainkan gender adalah memukul tiap bilahnya dengan alat pemukul khusus yang dinamakan tabuh. Untuk gamelan Jawa, tabuh dilapisi oleh kain. Sedangkan untuk gamelan Bali, hanya berupa tabuh kayu.

Kethuk dan Kenong

Instrumen satu ini mirip dengan bonang, akan tetapi punya ukuran yang lebih besar dan terbuat dari bahan dasar logam besi atau kuningan. Alat ini berperan sebagai penegas irama dan pengatur tempo dari lagu atau gendang yang dimainkan. Cara memainkan alat ini pun dipukul menggunakan alat pukul.

Jenis-Jenis Gamelan yang Ada di Indonesia

Ilustrasi Alat Musik Gamelan

Gamelan Gedhe

Jenis gamelan ini punya susunan yang lengkap, dimulai dari laras slendro hingga laras pelog. Gamelan Gedhe juga biasa ditampilkan dalam acara konser karawitan atau uyon-uyon. Biasanya, istilah ini dipakai untuk menyebut gamelan yang dibuat dari perunggu.

Gamelan Wayangan

Seperti namanya, gamelan ini berfungsi jadi pengiring pertunjukan wayang. Selain laras slendro, gamelan laras pelog umumnya digunakan untuk gamelan yang mengiringi pertunjukan wayang madya dan wayang gedog.

Gamelan Pakurmatan

Gamelan jenis ini dibagi menjadi tiga, yaitu monggang, caribbean, dan kodhok ngorek. Umumnya, gamelan pakurmatan dipakai dalam acara-acara penghormatan di kebudayaan Jawa. Misalnya Grebeg Mulud, acara khitanan, atau perkawinan keluarga keraton.

Gamelan Sekaten

Jenis gamelan sekaten biasanya hanya dimainkan setahun sekali di Yogyakarta dan Surakarta, yaitu saat memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Gamelan ini juga kerap dimainkan di halaman Masjid Agung tiap tanggal 6-12 Rabiul Awal.

Gamelan Gadhon

Jenis gamelan ini hanya terdiri dari gender, slentem, kendang, siter, gambang, dan gong saja. Biasanya dimainkan dalam acara-acara sederhana seperti khitanan, pindah rumah, dan sebagainya.

Nah, itulah penjelasan mengenai informasi terkait alat musik gamelan hingga jenis-jenisnya yang ada di Indonesia. Gamelan ini merupakan salah satu alat musik tradisional yang masih eksis dalam berbagai acara adat hingga kesenian masyarakat di Jawa.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles