25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

Inilah 5 Flora yang Unik di Pulau Sokotra

Sokotra ialah kepulauan kecil di Samudera Hindia, dekat Teluk Aden. Meskipun berukuran kecil, tapi Sokotra adalah rumah bagi banyak tanaman unik yang tidak ditemukan di tempat lain di planet Bumi. Sebagai gambaran, di pulau ini ada setidaknya 825 spesies tumbuhan langka dan lebih dari sepertiga di antaranya adalah endemik.

Sekitar 250 juta tahun yang lalu, saat semua daratan utama planet ini masih bergabung dan sebagian besar bentuk kehidupan utama berkeliaran dengan bebas dari satu wilayah ke wilayah lain, Sokotra sudah berdiri sebagai sebuah pulau yang terpisah. Terisolasinya pulau Sokotra dari daratan lain berkontribusi pada uniknya flora dan fauna yang menghuni pulau kecil ini. Banyaknya keunikan yang ada di pulau Sokotra membuat tempat ini kerap disebut sebagai pulau Alien.

Adenium Obesum Var Socotranum

Ilustrasi tumbuhan Adenium obesum var socotranum

Adenium obesum var socotranum adalah flora endemik dari pulau Sokotra yang memiliki bentuk fisik sangat unik. Dijelaskan dalam laman LLIFLE, flora ini berasal dari keluarga Apocinaceae, memiliki batang besar berbentuk kerucut dengan diameter hingga 2,4 m dan dapat tumbuh setinggi i 3,5 meter.

Banyak yang menyebut bahwa tanaman ini seperti versi mini dari pohon baobab. Beberapa tumbuh menjadi pohon tinggi sementara beberapa tumbuh sebagai pohon dengan batang lebar.

Boswellia Sacra

Ilustrasi tumbuhan Boswellia sacra

Boswellia sacra atau pohon Olibanum adalah spesies langka, yang tingginya mencapai antara 2 hingga 8 meter. Menurut laman Socotra, ciri unik dari pohon ini adalah mampu menghasilkan getah berbau harum.

Getah ini diekstraksi dengan membuat sayatan dangkal pada kulit kayu, batang, atau cabang pohon. Selain memiliki wangi yang menyenangkan, getah dari Boswellia sacra secara tradisional dianggap sebagai obat universal dan digunakan oleh tabib di masa lalu karena kualitas antiseptiknya. Ini juga digunakan oleh orang Mesir untuk mumifikasi.

Commiphora Ornifolia

Ilustrasi tumbuhan Commiphora ornifolia

Commiphora ornifolia memiliki ciri berupa bentuknya yang bengkok, kulitnya berwarna abu-abu yang mudah dikupas, dan dapat tumbuh hingga setinggi 8 meter. Selain itu, daun dari tanaman ini memiliki warna hijau tua dan bunga yang tidak mencolok.

Dilansir laman Socotra, tanaman ini sangat umum di Sokotra dan dapat ditemukan terutama di daerah semak dan di antara pohon-pohon yang tumbuh di daerah 0 hingga 800 meter di atas permukaan laut. Saat dipotong, pohon ini menghasilkan tetesan damar dengan bau yang wangi.

Punica Protopunica

Ilustrasi tumbuhan Punica protopunica

Punica protopunica adalah spesies pohon endemik terkenal lainnya di pulau Sokotra. Ini adalah kerabat dari pohon delima yang masuk dalam kategori rentan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Tanaman ini adalah tanaman asli Mediterania. Pohon ini memiliki daun yang lebat, terkadang berduri, bunga merah mencolok, dan dapat menghasilkan buah bulat dengan pulp yang dapat dimakan. Demikian menurut penjelasan laman Royal Horticultural Society.

Boswellia Ameero

Ilustrasi tumbuhan Boswellia ameero

Diterangkan dalam laman Socotra Eco-Tours, Sokotra memiliki keanekaragaman spesies Boswellia yang tinggi. Sebagai informasi, pohon ini menghasilkan kemenyan yang telah diperdagangkan selama sekitar 5000 tahun untuk digunakan dalam upacara keagamaan dan obat-obatan.

Salah satu spesies Boswellia asli Sokotra adalah Boswellia ameero, yang umumnya ditemukan di sepanjang rute jalan kaki dari Wadi Ayheft ke Meqadrihon Pass. Sayangnya, beberapa populasi tidak beregenerasi dan dianggap sebagai peninggalan alam. Sejak beberapa tahun lalu, pohon ini telah diklasifikasikan sebagai rentan oleh IUCN.

Nah, Itulah Pembahasan tentang 5 Flora yang Unik di Pulau Sokotra. Ternyata pulau Sokotra dari daratan lain berkontribusi pada uniknya flora dan fauna yang menghuni pulau kecil ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles