25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

5 Manfaat Memiliki Sikap Optimis untuk Kesehatan Mental

Memiliki sikap optimis ternyata tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik. Sikap ini juga membawa efek positif untuk kesehatan mental, termasuk membantu mengurangi stres.

Memiliki sikap optimis ternyata banyak memberikan efek baik untuk diri sendiri. Tak hanya bisa menyehatkan diri secara fisik, pikiran optimis juga membantu mendukung kesehatan mental. Bahkan, tak sedikit pula orang percaya kalau sikap optimis bisa memperpanjang usia.

Optimis artinya suatu sikap atau perilaku yang ditunjukkan dengan adanya keyakinan dan harapan setiap kali menghadapi masalah hidup. Seseorang yang punya sikap optimis cenderung memiliki keyakinan bahwa semua hal selalu terjadi bukan tanpa alasan, bisa jadi ada pembelajaran baik di baliknya.

Manfaat Memiliki Sikap Optimis

Lalu, apa saja manfaat memiliki sikap optimis jika dihubungkan dengan kesehatan mental? Berikut beberapa di antaranya:

Mengurangi Tingkat Stres

Apabila kamu kerap mengalami stres, cobalah untuk mulai menanamkan sikap optimis dalam diri. Pasalnya, orang-orang yang optimis mampu melihat adanya potensi baik di dalam diri mereka sendiri.

Hal inilah yang selanjutnya membuat orang dengan sikap optimis lebih berani mengambil risiko dan membuat suasana yang lebih positif dalam hidup. Dengan begitu, stres bisa berkurang secara perlahan.

Memperpanjang Usia

Manfaat punya sikap optimis satu ini bisa jadi sulit dipercaya. Mana bisa sikap optimis membuat umur seseorang jadi lebih panjang? Namun, ternyata sebuah studi dalam Journal of the Psychological, Social, and Behavioral Dimension of Cancer berhasil membuktikan hal tersebut.

Studi ini diikuti oleh sebanyak 34 partisipan yang berprofesi sebagai atlet baseball. Disebutkan, para partisipan dapat hidup lebih lama berkat membiasakan untuk selalu bersikap optimis dalam menjalani hidup. Selain itu, pengidap kanker yang menerapkan sikap ini dalam memerangi sakit yang dialaminya juga diduga memiliki potensi yang sama.

Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat membuktikan kebenaran hal tersebut.

Punya Kewaspadaan Tinggi

Berdasarkan studi yang dimuat dalam Sage Journals, para ahli kejiwaan mendapati bahwa orang dengan sikap optimis cenderung punya tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Contohnya, partisipan dengan sikap optimis lebih mengerti mengapa dan bagaimana serangan jantung terjadi.

Selain itu, orang-orang ini juga memiliki kesadaran lebih tinggi bahwa merokok, stres, dan mengonsumsi alkohol memiliki peran tinggi terhadap risiko serangan jantung. Dengan memiliki optimisme dalam hidup, kamu diharapkan dapat menjaga kesehatan tubuh.

Memiliki Kemampuan Menyelesaikan Masalah yang Baik

Hidup tidak pernah lepas dari rintangan dan masalah. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa orang-orang yang optimis nyatanya memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang lebih baik.

Suatu studi dalam Clinical Psychology Review menyebutkan, sikap optimis dapat membantu seseorang mendapatkan cara efektif dalam mengatasi berbagai masalah yang dimiliki. Mereka diyakini mengadaptasi suatu metode yang dikenal dengan engagement coping dalam mengatasi masalah.

Metode ini menggambarkan orang-orang yang menghadapi masalah sejak awal dan mencari metode yang paling efektif untuk membantu mengurangi efek negatif dari munculnya masalah tersebut.

Contohnya, pengidap kanker pada studi tersebut akan memakan lebih banyak waktu untuk membaca studi dan opsi pengobatan yang tersedia untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami. Tak hanya itu, mereka juga menemui dokter dan ahli kesehatan guna memperoleh jawaban dari kondisi yang mereka alami.

Memiliki Kehidupan Sosial yang Lebih Baik

Sifat optimis lebih disukai oleh orang di sekitar. Studi dalam Journal of Personality and Social Psychology menyebutkan, sikap optimis membawa lebih banyak teman sekaligus mengurangi terjadinya interaksi sosial yang tidak diharapkan. Tak hanya itu, pribadi dengan sifat optimis juga diduga lebih mampu menjaga relasi mereka dengan orang lain.

Nah, itulah 5 manfaat memiliki sikap optimis untuk kesehatan mental. Selain menanamkan sifat optimis, jangan lupa untuk selalu membiasakan pola hidup sehat, ya! Salah satunya juga memastikan tubuh tetap sehat dengan mengonsumsi vitamin.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles