26.6 C
Jakarta
Tuesday, September 26, 2023
- Advertisement -

Inilah Sejarah Pertama Ukulele di Dunia dan Indonesia

Kalian pastinya sudah tak asing lagi dengan ukuleleAlat musik yang menyerupai gitar ini identik dengan musik keroncong. Tak hanya itu, sejarah ukulele mengalami perjalanan yang cukup panjang, baik di dunia maupun Indonesia.

Menariknya, ukulele juga dikenal dengan istilah kentrung berkat bunyi yang ditimbulkan. Secara umum, alat musik ini berukuran 20 inci dengan penggunaan 4 senar. Nada yang dihasilkan alat musik petik ini pun terbilang unik. Karenanya, ukulele dapat dimainkan sebagai instrumen tunggal atau bersamaan dengan alat musik lainnya.

Bila kalian tertarik mempelajari cara memainkan alat musik ini, sebaiknya kenali terlebih duhulu sejarah dari ukulele. Agar tak penasaran lagi, dibawah ini merupakan perjalanan sejarah dari ukulele yang sudah dimulai sejak tahun 1879!

Sejarah Ukulele di Dunia

Ilustrasi Alat Musik Ukulele

Meski digemari di Indonesia, sejarah ukulele di dunia nyatanya bermula dari Hawaii. Istilah ukulele sendiri dimaknai sebagai kutu loncat dalam bahasa Hawaii. Penyebaran ukulele di Hawaii diawali dengan kedatangan imigran Portugis untuk menetap di Kepulauan Hawaii.

Mulanya, pedagang dan pelaut Portugis membawa dan memperkenalkan alat musik ini dengan memainkannya di depan umum. pertunjukan ukulele pertama kali dibawakan oleh Joao Fernandez pada tahun 1879.

Sebelum dikenal sebagai ukulele, alat musik gitar kecil ini dinamai Braginho karena dibuat pertama kali di provinsi Braga, Portugal. Selain itu, ukulele juga disebut dengan cavaquinho, yang artinya sepotong kayu kecil.

Istilah ukulele sendiri merupakan serapan dari kata oo-koo-lay-lay. Dalam bahasa Hawaii, uku berarti kutu loncat. Menariknya, penamaan ini bukan tanpa alasan. Kepiawaian gerakan jemari Fernandez saat memainkan alat musik ini terkesan menyerupai kutu loncat. Sejak saat itulah, masyarakat Hawaii menamai instrumen gitar kecil ini sebagai ukulele.

Baca Juga :  Inilah Sejarah, Pengertian, Fungsi, dan Nilai Tukar Terciptanya Mata Uang

Dalam perkembangannya, persebaran ukulele ke seluruh dunia juga melalui jalur imigran, tepatnya dari tahun 1878 hingga 1913. Dalam kurun waktu 35 tahun, ukulele masuk ke Amerika Serikat, Jepang, dan Benua Eropa.

Sejarah Ukulele di Indonesia

Ilustrasi Alat Musik Ukulele

Sejarah ukulele di Indonesia pun juga diawali dengan kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia. Di bawah kepemimpinan Alfonso de Albuquerque, bangsa Portugis menjajah Indonesia sejak tahun 1512.

Selama masa penjajahan, kebudayaan-kebudayaan Portugis diperkenalkan di Indonesia, termasuk dalam hal musik. Pengenalan ukulele pun tak ketinggalan. Terlebih karena kebudayaan Indonesia syarat akan seni sehingga mudah mendapat respon baik dari masyarakat.

Adapun cikal bakal penyebaran ukulele di Indonesia dimulai di tanah Maluku, tepatnya di Kota Ambon. Dalam catatan sejarah, bangsa Portugis menginjakkan kaki di Indonesia pertama kalinya di daerah ini.

Seiring berjalannya waktu, alat musik ini digunakan untuk mengiringi beragam genre lagu, mulai dari klasik, jazz, country, reggae, rock, dan yang paling dominan musik keroncong. Kerennya lagi, istilah keroncong pun berasal dari kata cong atau cung yang merupakan bunyi irama dari ukulele.

Nah, itulah penjelasan mengenai sejarah dari ukulele di dunia hingga melanglang buana sampai ke Indonesia. Secara garis besar, persebaran ukulele dibawa oleh bangsa Portugis melalui jalur perdagangan dan saat masa penjajahan.

- Advertisement -

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,100SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

X
X