30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Tanah Longsor yang Melanda El Salvador Menewaskan 7 Orang

Bencana tanah longsor melanda El Salvador pada Kamis (22/9/2022) karena hujan lebat yang terjadi wilayah itu. Badan perlindungan sipil negara tersebut mengatakan tujuh orang tewas dan satu orang luka-luka.

Bencana di El Salvador beriringan dengan bencana lain yang terjadi di Amerika Tengah mulai pekan lalu. Guatemala, Honduras, Nikaragua dan Kosta Rika semuanya juga sedang diguyur hujan deras yang menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Korban Tewas Termasuk Anak-anak

Tanah longsor mematikan di El Salvador terjadi di daerah kotamadya Huizucar, sekitar 17 kilometer sebelah selatan ibu kota San Salvador. Hujan lebat sejak pagi hari disebut sebagai pemicu utama tanah longsor itu.

Pihak berwenang mengatakan dua orang dewasa dan tiga anak tewas setelah tanah mengubur rumah mereka.

“Kami mengalami insiden di Huizucar, di mana sayangnya lima nyawa telah hilang,” kata Luis Amaya, Direktur Perlindungan Sipil.

Dua korban tewas lain ditemukan di sebuah rumah di kota Panchimalco, sekitar 18 kilometer sebelah selatan ibu kota. Rumah tersebut juga tertimbun tanah longsor.

Satu Anak Terluka

Pihak berwenang tak hanya mengerahkan petugas Perlindungan Sipil, tetapi juga dari Polisi Nasional dan Angkatan Bersenjata. Mereka ditugaskan untuk membantu operasi penyelamatan dan pencarian.

Di lokasi tanah longsor kedua, di Panchimalco. Menurut Anadolu, satu anak di bawah umur mengalami luka-luka. Sedangkan satu korban meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit saat petugas berupaya menyelamatkan nyawanya yang ternyata tidak tertolong.

Dalam keterangannya, pihak berwenang menjelaskan tanah, pohon dan puing-puing telah menelan rumah-rumah penduduk di dua lokasi tanah longsor.

“Topografi medan, ditambah hujan dan beban pohon menjadi faktor,” kata direktur departemen pemadam kebakaran Baltazar Solano.

Longsor di El Salvador Terjadi di Tengah Bencana Alam Lain di Amerika Latin

El Salvador yang berada di Amerika Tengah, sebenarnya telah dalam keadaan siaga sejak 20 September. Hal itu dikarenakan hujan lebat yang melanda wilayah tersebut.

Dalam pantauan FloodList, kelompok riset pemantau banjir di dunia yang didanai oleh Uni Eropa (UE) menjelaskan bahwa El Salvador, Guatemala, Honduras, Nikaragua, dan Kosta Rika semua terkena dampak hujan deras.

Hujan yang berkepanjangan telah menyebabkan banjir dan tanah longsor. Bencana tersebut juga terjadi di tengah beberapa bencana alam lain dan pola cuaca buruk di Amerika Tengah.

Meksiko yang berada di utara El Salvador, baru-baru ini mengalami gempa bumi berkekuatan 6,8 skala richter. Sedangan di Karibia, sebelah timur El Salvador, wilayah itu dihantam oleh badai Fiona berkategori 4 yang menyebabkan banyak kerusakan besar sejak hari Minggu.

Nah, itulah penjelasan mengenai bencana tanah longsor yang melanda El Salvador pada Kamis (22/9/2022) karena hujan lebat yang terjadi wilayah itu. Bencana di El Salvador beriringan dengan bencana lain yang terjadi di Amerika Tengah mulai pekan lalu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles