27.3 C
Jakarta
Saturday, December 2, 2023

Apa Saja Perbedaan Hamster dan Guinea Pig, Apa Bedanya?

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa guinea pig adalah hamster yang berukuran besar. Padahal, keduanya adalah spesies yang berbeda dan memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga ukuran kandang yang tepat.

Untuk membantumu memilih hewan peliharaan yang tepat. ketahui perbedaan hamster dan guinea pig. Simak artikel di bawah ini!

Tubuh guinea pig jauh lebih besar daripada hamster

Ilustrasi Tubuh guinea pig

Dilansir idntimes.com, hamster dewasa bisa tumbuh dengan panjang antara 4,5 cm hingga 18 cm dan berat antara 20 gram hingga 170 gram. Panjang dan beratnya sangat bergantung pada jenisnya.

Guinea pig berkali-kali lipat lebih besar daripada hamster. Guinea pig betina memiliki berat 900-1.100 gram, sedangkan yang jantan beratnya 1.000-1.200 gram. Panjang guinea pig jantan dan betina hampir sama, antara 20-40 cm.

Karena itu, ukuran kandang keduanya tidak sama. Hamster kerdil membutuhkan kandang dengan luas minimal 2.800 cm² dan 4.000 cm² untuk hamster syrian. Di sisi lain, 1-2 ekor guinea pig membutuhkan kandang dengan luas minimal 7.200 cm². Lebih besar, lebih baik.

Hamster lebih penyendiri dan lebih mungkin menggigit

Ilustrasi tentang Hamster lebih penyendiri

Sifat hamster dan guinea pig sedikit bertolak belakang. Hamster lebih penyendiri dan pendiam. Jika kita belum mendapatkan kepercayaannya, mereka akan menggigit.

On the other sideguinea pig lebih sosial, penyayang, dan sangat jarang menggigit. Setelah mereka terbiasa dengan lingkungan barunya, kita bisa langsung memegang dan menggendongnya.

Walaupun namanya tikus belanda, ternyata hewan ini tidak berasal dari Belanda. Guinea pig berasal dari wilayah pegunungan Andes di Amerika Selatan. Hewan ini sering dijadikan hewan peliharaan. Guinea pig termasuk dalam famili Caviidae dengan subfamili Caviinae.

Ordonya sama, tapi familinya berbeda

Ilustrasi tentang Ordonya sama, tapi familinya berbeda

Mengutip idntimes.com, hamster dan guinea pig berasal dari ordo yang sama, yaitu Rodentia. Tetapi, hamster berasal dari famili Cricetidae, sementara guinea pig berasal dari famili Caviidae.

Hamster terdiri dari 24 spesies, yang paling populer ada lima, yaitu syrian atau hamster emas (Mesocricetus auratus), hamster kerdil roborovski (Phodopus roborovski), hamster kerdil campbell (Phodopus campbelli), hamster kerdil putih musim dingin (Phodopus sungorus), dan hamster China (Cricetus griseus).

Hamster banyak ditemuka di Eropa Tengah sampai Siberia dan Mongolia, ada juga di Tiongkok Utara sampai Korea, ada juga hamster di Suriah sampai Pakistan. Hewan ini termasuk dalam famili Cricetidae dengan subfamili Cricetinae.

Sementara, American Cavy Breeders Association (ACBA) mengakui secara resmi 13 ras guinea pig. Yang paling terkenal ialah abyssinianalpacabaldwincoronetrex, dan peruvian.

Guinea pig hidup lebih lama daripada hamster

Ilustrasi Guinea pig hidup lebih lama daripada hamster

Guinea pig bisa hidup hingga usia 5-8 tahun. Namun, jika dirawat dengan baik, bisa mencapai sepuluh tahun atau lebih. Karena umurnya panjang, memelihara guinea pig butuh komitmen yang besar.

Bandingkan dengan hamster yang hanya hidup hingga usia 2-3 tahun. Hamster syrian hidup lebih lama dibandingkan hamster kerdil. Mengutip Fetch by WebMD, spesies mamalia yang berukuran lebih besar cenderung hidup lebih lama daripada spesies yang lebih kecil.

Hamster adalah omnivora, sedangkan guinea pig adalah herbivora

Ilustrasi tentang Hamster adalah omnivora,

Hamster peliharaan biasanya hanya diberi makan biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Padahal, di alam liar mereka adalah omnivora yang mengonsumsi jangkrik dan mealworm (larva kumbang kuning).

Sebaliknya, guinea pig adalah herbivora. Makanan utamanya adalah jerami dan sayuran segar. Jerami mengandung serat yang dibutuhkan untuk pencernaan dan membantu mengikis gigi yang terus tumbuh.

Nah, Inilah pembahasan tentang Apa Saja Perbedaan Hamster dan Guinea Pig, Apa Bedanya? keduanya termasuk spesies yang berbeda dan memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga ukuran kandang yang tepat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles