32.1 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

Sejarah Serta Fakta Unik dan Jenis Pempek

Siapa sih yang gak kenal pempek? Makanan asal Palembang ini sudah menjadi nakanan khas favorit masyarakat sekitar dikarenakan rasa ikan tenggiri dan kuah pedas sedikit asam yang berciri khas dicampur menjadi satu. Tapi taukah kamu darimana nama pempek itu berasal? Yuk simak disini

  • Asal-usul pempek

Pempek telah berada di Palembang sejak masuknya perantau Tionghoa ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16. Menurut sejarah nama pempek berasal dari seorang laki-laki tua asal tionghoa yang biasa dipanggil apek. Beliau hidup di masa pemeritahan Kesultanan Palembang Darussalam dipimpin oleh Sultan Mahmud Badaruddin II. Saat itu beliau merasa prihatin karena penangkapan ikan yang besar di sungai musi belum semuanya diolah dengan baik. Ia pun mencoba untuk mengolah  ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota.

Asal mula pempek memang berasal dari Palembang, namun sejarah asal mula hidangan ini kurang jelas. Dongeng tradisional mengaitkannya dengan pengaruh kuliner Tionghoa. Akan tetapi sebagian sejarawan menyebutkan bahwa pempek mungkin berasal dari makanan kuno yang disebut kelesan, makanan kukus yang dibuat dari campuran adonan sagu dan daging ikan, dan diperkirakan sudah ada sejak zaman kerajaan Sriwijaya pada kurun abad VII Masehi.

 

  • Fakta unik pempek

Bagi kalian yang suka pempek tau gak sih fakta-fakta unik dari jajanan khas Palembang ini? Berikut ini beberapa fakta unik tentang pempek.

  1. Buatan asli orang Palembang

Mulanya pempek dibuat oleh orang asli Palembang. Setelah itu pempek dioper ke orang China untuk dijual. Pempek sendiri mulai dijajakan pada tahun 1916, khususnya di kawasan keraton di Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang.

  1. Nama awal yang berbeda
Baca Juga :  5 Manfaat Minum Air Hangat untuk Tubuhmu

Awalnya, kuliner berbahan dasar ikan ini memiliki nama kelesan. Kelesan sendiri merupakan panganan adat di dalam Rumah Limas yang mengandung sifat dan kegunaan tertentu. Dinamakan kelesan juga karena makanan ini dikeles atau tahan disimpan lama.

  1. Bahan utama pempek

Pempek khas Palembang dikenal berbahan dasar ikan tenggiri. Ternyata dulu pempek khas Palembang menggunakan belida sebagai bahan utamanya. Namun, karena ikan belida ini semakin jarang ditemukan maka para penjual pun mengganti bahan utamanya menjadi ikan tenggiri.

  1. Penyokong perekonomian pertama

Dilansir dari pergikuliner.com pempek merupakan penyokong perekonomian utama di Sumatera Selatan, khususnya di Palembang. Oh ya, tak hanya diperdagangkan di Indonesia saja  pempek juga diekspor hingga ke luar negeri seperti ke Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

  1. Industry makanan terbesar di Palembang

Dilansir dari beberapa sumber lebih dari 280 Industri Kecil Menengah menjalankan bisnis Pempek di Palembang. Tak heran jika kita berkunjung kesana kita dapat dengan mudah menemukan penjual pempek diberbagai tempat.

  • Jenis pempek

Ada bermacam-macam jenis pempek di sekitar. Mau tau? Yuk simak

  • Pempek Kapal Selam

    memiliki bentuk mirip dengan kapal selam. Dan bagian tengahnya diisi dengan kuning telur.
  • Pempek Lenjer

    pempek yang proses pembuatannya cukup rumit, karena harus dicetak terlebih dahulu dengan pirikan/batok kelapa berlubang halus. Bentuk dari pempek ini seperti bola mie keriting
  • Pempek Pistel

    memiliki bentuk mirip pastel dan biasanya diisi dengan pepaya muda.
  • Pempek Adaan

    Adaan sering juga disebut pempek bulat karena bentuknya yang mirip dengan bola. Karena bentuknya yang bulat dan berbahan dasar ikan, pempek adaan hampir mirip dengan camilan terkenal khas Indonesia, yaitu bakso ikan.
  • Pempek Keriting

    Tampilan pempek keriting seperti bola mi. Cara membuat pempek keriting terbilang lebih rumit daripada jenis lain karena harus menggunakan pirikan
  • Pempek Lenggang

    Pempek lenggang adalah adonan dasar pempek campur telur bebek. Kemudian, diletakkan di atas daun pisang berbentuk kotak. Cara membuat pempek lenggang adalah dibakar.
  • Pempek Kulit

    Untuk yang menyukai tekstur renyah, maka jenis pempek satu ini pilihan yang tepat. Pempek kulit dibuat dari daging ikan bagian kulit yang dibuat pipih dan digoreng hingga garing.
  • Pempek Panggang

    bentuknya bulat dan pipih namun memiliki isi ebi dan sambal, serta dibuat dengan cara dipanggang.

    Nah itu dia asal usul nama pempek, fakta unik serta jenis jenis nya. Pempek mana nih yang paling kalian suka?

Baca Juga :  5 Tempat Paling Angker di Medan yang Cocok Untuk Uji Nyali, Berani?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles