32.3 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

Sejarah rumah makan padang

Kalian pasti tau kan rumah makan padang? Yap restoran ini menyediakan berbagai olahan dari padang. Hebatnya, salah satu lauknya, yaitu rendang, telah dinobatkan oleh CNN sebagai makanan telezat di dunia pada Juli 2011 lalu.

Namun, pernahkah kamu mendengar tentang sejarah rumah atau warung makan padang? Kira-kira, bagaimana perjalanan rumah makan padang yang sudah eksis sejak masa kolonial ini? Yuk, simak sejarahnya!

  • Sejarah rumah makan padang

Menurut sejarah asal usul penamaan rumah makan padang berawal dari penelitian yang dilakukan oleh Surya Suryadi, seorang filolog di Universitas Leiden, Belanda. Dari penelitiannya, nama restoran padang atau rumah makan padang pertama kali ditemukan dalam iklan surat kabar yang terbit pada 1937. Restoran itu dikelola seorang perantau Minang, B. Ismael Naim dengan nama “Padangsch-Restaurant” atau  “Gontjang-Lidah”. Pada masa itu, perantau dari Minang memakai istilah Padangsch Restaurant untuk menyebut masakan Minangkabau yang mereka jual.

Meski sudah melegenda, kala itu tidak semua bisa menyantap masakan Padang di rumah makan. Hanya orang-orang tertentu atau saudagar kaya saja yang bisa menyantapnya. Masyarakat yang memiliki status sosial lebih rendah memilih menikmati masakan padang di rumah masing-masing dengan cara dibungkus. Sebagai bentuk solidaritas, pemilik rumah makan padang umumnya akan dengan sengaja memberi lebih banyak lauk dan nasi bagi masyarakat Indonesia yang membeli, sehingga mereka dapat menikmati makanan tersebut bersama anggota keluarga masing-masing. Hal ini jugalah yang menjadi asal-usul bahwa membeli masakan padang dengan cara dibungkus akan mendapatkan lebih banyak nasi dan lauk jika dibandingkan dengan makan di tempat

Baca Juga :  Ternyata Ini Asal-usul Nama Boneka Barbie yang Sampai Sekarang Masih Banyak Dimainkan,

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles