28.1 C
Jakarta
Wednesday, February 21, 2024

5 Jembatan Terpanjang di Indonesia

Indonesia memiliki banyak jembatan penghubung antara satu wilayah ke wilayah lainnya. Mulai dari jembatan yang kecil hingga besar, semuanya dibangun untuk memudahkan mobilitas masyarakat di setiap daerah.

Berdasarkan Pedoman Persyaratan Umum Perencanaan Jembatan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, jembatan adalah bangunan pelengkap jalan yang berfungsi untuk menghubungkan dua ujung jalan yang terputus oleh sungai, saluran, lembah dan selat atau laut, jalan raya dan jalan kereta api.

Karena jarak antar-wilayah yang disambungkan terkadang jauh, beberapa jembatan dibangun dengan panjang mencapai ribuan meter. Tak jarang, jembatan yang harus menghubungkan dua wilayah berjauhan tadi menjadi ikon kebanggan suatu daerah atau bahkan mendapat predikat sebagai jembatan terpanjang yang pernah dibangun.

Mau tau jembatan terpanjang yang ada di Indonesia? Berikut 5 daftar jembatan terpanjang yang ada di Indonesia.

  1. Jembatan Suramadu

    Jembatan Suramadu merupakan jembatan Indonesia terpanjang pertama. Jembatan Suramadu dibangun pada 2003, kemudian diresmikan pada tahun 2009. Jembatan ini menghubungkan antara Surabaya dengan Madura dan terdiri dari jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama. Panjang jembatan ini mencapai 5.438 meter, lebarnya 30 meter dan tinggi nya mencapai 146m dari atas permukaan laut. Selain menjadi yang terpanjang di Indonesia, jembatan ini juga populer di kalangan wisatawan. Saking populernya, jembatan ini sering dijadikan sebagai salah satu tempat wisata. Biasanya para pengunjung sekadar menyeberang ke Madura hanya untuk menikmati suasana menyeberang melalui jembatan ini.
  2. Jembatan Pasupati

    Jembatan terpanjang kedua di Indonesia yaitu Jembatan Pasupati yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Jembatan ini menghubungkan jalan Terusan Pasteur dan Jalan Surapati serta melewati Cikapundung. Panjang jembatan ini sekitar 2,8 kilometer, dengan lebar jalan sekitar 30-60 m. jembatan Pasupati diresmikan pada 12 Juli 2005 lalu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada saat itu.
  3.  Jembatan Siak

    Jembatan terpanjang di Indonesia berikutnya adalah Jembatan Siak. Nama resmi jembatan ini adalah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan ini terbentak di atas sungai Siak, Riau yang diresmikan pada tahun 2007. Panjang jembatan Siak yaitu 1.196 meter dan lebarnya 16,95 meter. Jembatan ini juga memiliki trotoar sepanjang 2,25 meter di sisi kanan dan kiri. Ada dua menara di jembatan yang tingginya mencapai 80 meter yang digunakan untuk menikmati keindahan sungai dibawah jembatan.
  4.  Jembatan Merah Putih

    Jembatan Merah Putih terletak di atas Teluk Dalam Pulau Ambon, Maluku. Diresmikan tahun 2016, panjang jembatan ini adalah 1.140 meter dan lebarnya 22,5 meter. Jembatan Merah Putih menghubungkan Ambon Utara dan Ambon Selatan di Kecamatan Teluk Ambon. Jembatan ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu sisi utara sepanjang 520 meter, sisi selatan sepanjang 320 meter, dan jembatan utama 300 meter.
  5. Jembatan Ampera

    Jembatan berikutnya yaitu jembatan Ampera yang berada di Palembang. Selain menjadi jembatan terpanjang di Indonesia, jembatan ampera juga merupakan jembatan tertua di Indonesia. Jembatan yang juga jadi ikon Kota Palembang ini membentang sepanjang 1.117 meter, dengan lebar 22 meter di atas Sungai Musi. Dibangun pada April 1962, Jembatan tersebut diresmikan pada tahun 1965. Saat awal peresmian, jembatan ini dinamai Jembatan Bung Karno. Akan tetapi, karena pergolakan politik di tahun 1966, nama jembatan diganti menjadi Jembatan Ampera dengan kepanjangan Amanat Penderitaan Rakyat.

    Nah itu dia beberapa jembatan terpanjang di Indonesia. Bagaimana apa dari jembatan tersebut ada yang berasal dari kota mu?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles