32.8 C
Jakarta
Thursday, May 23, 2024

Alasan Mengapa Kuku Tangan Lebih Cepat Panjang Daripada Kuku Kaki

Pernah gak sih kalian berpikir mengapa kuku tangan lebih cepat Panjang daripada kuku kaki, padahal keduanya sama-sama dipotong secara bersamaan. Penasaran kan? Yuk simak disini

Mekanisme pertumbuhan kuku

Sebelum membahas alasan mengapa kuku jari tangan tumbuh lebih cepat dibanding kuku jari kaki, kita perlu memahami dulu bagaimana mekanisme pertumbuhan kuku yang sebenarnya.

Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya yang sangat sedikit. Kuku terdiri dari protein yang disebut keratin – yang juga terdapat pada kulit dan rambut. Setiap kuku mulai tumbuh dari sebuah kantong kecil yang berada di bawah kulit, yang disebut matriks kuku. Matriks kuku ini akan terus-menerus membuat sel baru dan mendorong sel yang lebih tua ke atas dan keluar ke arah ujung jari dari tempelan kecil kulit di bawah kuku kamu yang disebut nail bed.

Dipengaruhi oleh Sirkulasi Aliran Darah

Dilansir dari Hello Sehat, pertumbuhan kuku tangan lebih cepat tiga kali lipat dibandingkan dengan pertumbuhan kuku jari, lo. American Academy of Dermatology mengatakan kalau kuku tangan tumbuh sekitar 0,1 mm per hari. Artinya, dalam sebulan tumbuh 3 mm. Sedangkan kuku kaki tumbuh antara 1,6-1,8 mm perbulan. Menurut penelitian, hal ini karena jari-jari tangan digunakan jauh lebih sering daripada kuku kaki. Selain itu, ada pula penelitian yang mengatakan jari kuku tangan lebih cepat panjang dibanding jari kuku kaki karena kuku jari tangan lebih dekat dengan jantung, sehingga kuku jari tangan mendapatkan sirkulasi aliran darah yang lebih baik dibandingkan kuku jari kaki.

Dipengaruhi oleh Musim

Penyebab lainnya kenapa kuku kaki kita tumbuh lebih lambat daripada kuku tangan adalah dikarenakan musim.

Menurut penelitian, ketika musim dingin tiba, darah yang dialirkan oleh pembuluh darah sedikit terhambat ke bagian kaki dan tangan karena terjadi penyempitan pembuluh darah. Maka yang terjadi adalah kuku kita tumbuh lebih lambat, terutama pada kuku kaki. Lalu, jika sudah memasuki musim panas, tubuh akan lebih hangat dan aliran darah pun lebih lancar. Sehingga, pertumbuhan kuku bisa lebih cepat daripada ketika musim dingin.

Ada Benturan pada Kuku

Selain itu, ada teori yang berpendapat kalau pertumbuhan kuku bergantung pada benturan yang diterimanya. Seperti, ketika kita menekan bel, mengetik laptop, dan bermain ponsel. Dengan segala aktivitas tersebut, membuat kuku kita sering mengalami benturan ringan yang memengaruhi pertumbuhannya. Oleh karena itu, tubuh bisa meresponnya dengan cara menumbuhkan kuku tangan lebih cepat untuk melindungi ujung jari yang dipenuhi saraf.

Sedangkan kuku kaki tidak mengalami benturan ringan sesering apa yang dialami kuku tangan. Untuk itu, kuku kaki tumbuh lebih lambat karena jarang terbentur dan aliran darah di kaki pun tidak selancar di bagian tangan.

Nah, itulah penyebab kuku tangan tumbuh lebih cepat daripada kuku kaki. Sekarang kalian sudah tahu alasannya, bukan?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles