25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

5 Penyebab Mual setelah Minum Kopi, Apakah Dapat Diatasi?

Jika kamu pernah merasa mual setelah menyeruput secangkir kopi, kamu tidak sendirian. Kopi sangat asam dan mengandung kafein, keduanya dapat membuat perut terasa tidak nyaman segera setelah menyeruput secangkir kopi. Ini lebih mungkin dialami oleh orang dengan perut sensitif.

Jika kamu termasuk orang yang sering mual setelah minum kopi, kamu pasti bertanya-tanya, apa penyebab hal ini? Kali ini kamu akan diajak mempelajari apa saja penyebab mual setelah minum kopi.

Kandungan Asam di Dalam Kopi

kopi hitam

Ada berbagai jenis asam yang ditemukan dalam kopi. Asam ini berkontribusi sangat besar pada keseluruhan rasa minuman. Asam dalam kopi adalah bagian dari apa yang membuatnya terasa enak. Kendati demikian, asam tersebut bisa membuat perut terasa mual dan tidak nyaman. Asam ini bisa melukai atau mengiritasi lapisan perut.

Untuk mengurangi risiko mengalami hal ini, pilihlah kopi sangrai yang lebih gelap. Sebab, tingkat asamnya jauh lebih rendah daripada sangrai biasa dan harapannya bisa menurunkan risiko mual.

Kopi Memicu Refluks Asam

sakit perut

Sebagian besar kopi memiliki pH antara 4,85 hingga 5,10, yang berada pada sisi asam skala pH. Menurut sebuah studi dalam jurnal Scientific Reports tahun 2018, lingkungan perut sudah bersifat asam dan karena kopi berkafein juga mengandung asam.

Hal ini dapat meningkatkan keasaman di perut, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Asam ini bisa mempercepat pencernaan, itulah sebabnya beberapa orang merasa sangat perlu ke kamar kecil setelah minum kopi. Diterangkan laman Cleveland Clinic, asam dalam kopi dapat menyebabkan gejala pencernaan, seperti mulas, refluks asam, dan kembung.

Gejala ini disebabkan oleh asam lambung yang menumpuk di kerongkongan dan biasanya disebabkan oleh makanan dan minuman yang sangat asam, seperti kopi.Bagi orang yang memiliki masalah refluks asam, minum kopi bisa memicu mual. Karena kopi dapat memicu refluks asam, mereka yang mengalami GERD lebih rentan mual setelah minum kopi.

Minum Kopi Saat Perut Kosong

kopi hitam

Banyak orang yang langsung minum kopi di pagi hari, bahkan sebelum sarapan. Hal ini bisa menjadi penyebab rasa mual setelah minum kopi. Beberapa orang bahkan mungkin muntah setelah minum kopi saat perut kosong.

Kopi bersifat sangat asam ketika diminum dalam keadaan perut kosong, yang dapat mengiritasi lapisan perut dan menyebabkan mual pada beberapa orang. Bukan hanya karena keasaman dalam kopi, kafein dalam kopi juga bersifat stimulan.

Kafein merangsang sekresi asam lambung, cairan pencernaan yang membantu memecah makanan, menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal ‌Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America‌ tahun 2017.

Hal tersebut merangsang pelepasan gastrin, yang menyebabkan gangguan perut saat diproduksi dalam jumlah berlebihan. Hal ini juga membuat kamu merasa mual setelah minum kopi.

Sedang Minum Obat

obat

Mual adalah efek samping umum dari interaksi beberapa jenis obat dengan kafein dalam kopi. Menurut Livestrong, ini dapat mencakup obat antibakteri, beberapa antidepresan, dan obat asma.

Untuk menghindari efek samping dari interaksi dari kafein dan obat, periksalah label dengan hati-hati saat minum obat apa pun guna menghindari interaksi obat dan makanan.

Kafein Memperburuk Beberapa Gejala Penyakit Pencernaan

kopi hitam

Ada sejumlah penyakit yang bisa memburuk dengan konsumsi kafein, seperti refluks asam. Kafein juga dapat memperburuk gejala irritable bowel syndrome (IBS), seperti diare dan sakit perut karena kafein mempercepat motilitas usus, diterangkan laman Well and Good.

Demi menghindari hal tersebut, penting untuk berhati-hati sebelum mengonsumsi kafein untuk menghindari perburukan gejala. Namun, jika kamu tidak mengalami efek samping negatif, boleh saja minum secangkir kopi atau teh untuk memberi energi ke dalam rutinitas.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 penyebab mual setelah minum kopi yang lebih mungkin dialami oleh orang dengan perut sensitif. Walaupun demikian, ini tidak membuat kopi menjadi minuman yang buruk, bahkan kopi terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika kamu sering mengalami mual akibat kopi, pertimbangkan untuk menguranginya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles