27.9 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

Inilah 5 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat blueberry sangatlah kaya, terutama untuk kesehatan tubuh. Manfaat blueberry yang bisa kita rasakan ini tidak lepas dari kandungan nutrisinya. Blueberry mengandung senyawa yang disebut anthocyanin. Senyawa itulah yang membuat warna blueberry biru.

Namun tidak hanya itu saja senyawa anthocyanin yang membuat blueberry begitu kaya manfaat. Adapun manfaat blueberry antara lain adalah menguatkan tulang, memelihara kesehatan jantung, dan sebagainya.

Itu hanya sedikit dari manfaat blueberry yang bisa kita rasakan. Lebih dari itu, ada banyak lagi kegunaan blueberry yang bisa dirasakan. Bahkan blueberry juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak. Berikut dibawah ini adalah sejumlah manfaat dari blueberry.

Mencegah Penyakit Jantung

Ilustrasi Serangan Jantung

Salah satu penyebab serangan jantung adalah tekanan darah tinggi. Sementara itu, manfaat blueberry antara lain dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Maka secara tidak langsung, manfaat blueberry juga dapat mencegah serangan jantung.

Di samping itu, blueberry juga mengandung anthocyanidins, yang dapat mengurangi permasalahan pada arteri yang terkait dengan penuaan sehingga membantu jaringan pembuluh darah yang menghubungkan jantung ke seluruh tubuh. Selain itu, antioksidan di dalam blueberry dapat mencegah penumpukan kolesterol LDL jahat di dinding arteri yang berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular dan stroke.

Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi Cek Kesehatan Mata

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak mengonsumsi blueberry dipercaya dapat membantu meningkatkan penglihatan dan menjaga degenerasi makula terkait usia. Dengan mengonsumsi blueberry secara rutin dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke mata. Sementara perlindungan antioksidannya dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena katarak dan degenerasi makula.

Mencegah Resiko Kanker

Ilustrasi Cegah Penyakit Kanker

Blueberry mengandung sejumlah besar antioksidan dan mampu menghuni proliferasi sel di semua lini sel serta menurunkan risiko kanker, termasuk kanker mulut, kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak blueberry memiliki efek terbesar pada sel kanker usus besar dan kanker payudara. Blueberry juga ditemukan mengandung fitokimia seperti flavonol, tanin, asam fenolik dan antosianin yang menunjukkan efek terkuat untuk menghambat proliferasi sel kanker.

Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Alzheimer

Ilustrasi Otak

Blueberry juga berperan dalam menunda perkembangan penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer. Dalam sebuah percobaan terhadap hewan menunjukkan bahwa pemberian ekstrak blueberry selama 8 minggu dapat meningkatkan memori sel otak secara signifikan. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa polifenol dapat masuk ke otak dan mencegah kerusakan sel otak.

Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat blueberry selanjutnya adalah memelihara kesehatan tulang. Blueberry mengandung berbagai mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc.

Karena itu, mengonsumsi blueberry dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kesehatan tulang sehingga jauh dari risiko tulang mudah patah. Tak hanya itu, kandungan vitamin K yang terdapat di dalamnya juga berguna untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 manfaat blueberry untuk kesehatan tubuh. Blueberry sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, salah satu manfaat yang bisa didapat adalah untuk meningkatkan kesehatan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles