33.4 C
Jakarta
Monday, July 22, 2024

Kenali 5 Perbedaan Caramel Latte dan Caramel Macchiato

Kopi merupakan salah satu minuman populer di kalangan anak muda. Namun, sebagian orang kurang menyukai rasa kopi yang pekat seperti kopi hitam. Alhasil, banyak yang memilih olahan kopi dengan campuran susu. Caramel latte dan caramel macchiato menjadi yang paling populer.

Meskipun kedua jenis kopi ini memiliki unsur karamel, ternyata bahan-bahan yang digunakan berbeda. Begitu pula dengan rasanya. Mungkin kamu kerap bingung dengan perbedaan keduanya. Sebenarnya mudah untuk membedakan kedua minuman ini. Yuk, langsung disimak perbedaan caramel latte dan caramel macchiato di bawah ini!

Komposisi

Ilustrasi Mengolah Espresso

Caramel latte dan caramel macchiato menggunakan espresso dan susu berbusa. Bedanya hanya pada penggunaan sirupnya. Caramel latte menggunakan sirup karamel, sedangkan caramel macchiato menggunakan sirup vanila.

Takaran Susu

Ilustrasi Caramel Latte

Jumlah susu pada kedua minuman kopi ini pun berbeda. Caramel latte biasanya menggunakan takaran sebanyak 180 ml susu. Sementara caramel macchiato menggunakan takaran sebanyak 120 ml susu.

Tekstur

Ilustrasi Caramel Latte

Caramel latte terbuat dari bahan espresso dan campuran susu yang lebih banyak daripada caramel macchiato, sehingga tekstur caramel latte lebih kental atau creamy.

Rasa

Ilustrasi Caramel Macchiato

Rasa susu pada caramel latte cenderung lebih kuat, begitu pula dengan rasa manisnya. Sedangkan, caramel macchiato lebih terasa espressonya dengan rasa manis yang lebih ringan.

Kopi Mana yang Menjadi Selera Kamu?

Ilustrasi Caramel Macchiato

Kedua minuman ini bisa dipilih berdasarkan selera kamu. Kalau kamu menyukai rasa kopi yang lebih kuat, maka pilihlah caramel macchiato. Namun, jika kamu lebih suka dengan tekstur yang lembut dan rasa kopi yang lebih ringan maka cobalah caramel latte. Jadi, kamu lebih suka yang mana nih?

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa perbedaan caramel latte dan caramel macchiato yang perlu kamu pahami. Meski keduanya memiliki nama yang hampir sama, tetapi nyatanya ada perbedaannya kan?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles