26.7 C
Jakarta
Wednesday, February 21, 2024

Inilah Sejarah Terciptanya Mi Instan yang Menjadi Favorit Banyak Orang

Saat ini mi instan menjadi salah satu makanan paling populer dan menjadi favorit banyak orang. Makanan ini mudah ditemukan di mana-mana dan hampir selalu ada di dapur.

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya, kapan mi instan pertama kali ditemukan? Siapa yang menemukannya? Kisah apa yang melatarbelakangi penemuan mi instan? Untuk menjawab rasa penasaranmu, langsung saja kita simak bagaimana sejarah terciptanya mi instan dibawah ini:

Diciptakan Saat Krisis Pangan di Jepang

Ilustrasi Mi Instan

Ramen instan pertama kali ditemukan pada tahun 1958 oleh seorang pengusaha berkebangsaan Jepang-Taiwan, Momofuku Ando. Dijelaskan Tokyo Ramen Tours, kala itu setelah Perang Dunia 2 tahun 1945 Jepang mengalami krisis makanan.

Untuk membantu, orang Amerika menyumbangkan banyak tepung terigu ke Jepang. Tepung ini tidak digunakan untuk produksi roti, melainkan untuk membuat mi ramen yang dijual di gerobak makanan.

Di tengah populernya mi ramen di kalangan penduduk Jepang, Ando berupaya menyempurnakannya dalam bentuk instan. Ia melakukan berbagai eksperimen hingga akhirnya berhasil membuat mi ramen instan pada tahun 1958.

Ramen instan pertama di dunia ini diberi nama “Chikin Ramen” dengan bentuk mi kering bulat dan dibungkus plastik kotak. Uniknya, kemasan seperti ini masih terus digunakan hingga saat ini.

Mi Instan Dalam Cangkir Dibuat Agar Dapat Dinikmati Dimanapun

Ilustrasi Mi Instan

Ando dan timnya terus melakukan pengembangan dan mencoba membuat mi instan dalam cangkir yang bisa diseduh dan dinikmati di mana saja. Setelah melakukan banyak percobaan, tim Ando memutuskan untuk menempatkan mi kering di dalam cangkir busa plastik.

Cangkir itu juga disertai tutup yang dapat ditarik, yang terinspirasi dari wadah kacang macadamia yang dimakan Ando dalam penerbangan transpasifiknya. Tak hanya itu, Ando juga menambahkan varian rasa untuk membuat mi semakin menarik. Dijelaskan laman Smithsonian Magazine, desainer Otaka Takeshi mendesain cangkir agar terlihat lebih baik dengan kata-kata bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Meskipun ramen kemasan cangkir dan plastik memiliki jumlah mi kering dalam berat yang sama, tetapi harga mi instan cangkir empat kali lebih mahal karena biaya pembuatannya juga mahal. Karena harganya yang mahal, mi instan cangkir dianggap sebagai makanan mewah pada masanya.

Di Jepang, normalnya masyarakat menggunakan sumpit saat makan mi. Namun, karena makan dengan sumpit sambil berjalan sulit dilakukan, Ando melengkapi setiap mi cangkir dengan garpu plastik kecil. Jadi, penjualan mi instan dalam bentuk cangkir menargetkan orang dewasa muda yang berjalan-jalan di sekitar Jepang.

Mi Instan Dinilai Memiliki Banyak Kelebihan Dibanding Mi Segar

Ilustrasi Mi Instan

Ando mengembangkan seluruh proses produksi mulai dari pembuatan mi, mengukus dan membumbui, hingga mendehidrasi mi dalam panas minyak, sebuah proses yang sekarang dikenal sebagai flash fried. Menurut South China Morning Post, proses ini membuat mi instan memiliki umur simpan yang lebih lama daripada mi beku. Kelebihan lain dari mi instan buatan Ando adalah siap untuk disantap hanya dalam dua menit.

Harga Jual Terus Mengalami Penurunan dan Menjadi Semakin Populer

Ilustrasi Mi Instan

Dijelaskan Fast Company, mi cangkir atau cup noodle melambangkan keyakinan dominan di Jepang pascaperang bahwa kehidupan yang lebih baik dapat dicapai melalui kemudahan dan kenyamanan. Entah itu melalui peralatan seperti lemari es dan televisi atau makanan yang dibawa pulang.

Mi cangkir akan menjadi makanan populer di Jepang. Seiring waktu, proses manufaktur meningkat dan harga mi mengalami penurunan. Mi instan dalam kemasan plastik maupun cangkir selanjutnya menjadi makanan pilihan bagi masyarakat menengah ke bawah.

Menjadi Makanan Pokok di Berbagai Belahan Dunia

Ilustrasi Mi Instan

Seiring berkembangnya popularitas mi instan, variasi rasa dan gayanya juga mengalami perkembangan. Mi instan saat ini dapat ditemukan dalam berbagai rasa dan gaya, mulai dari rasa tradisional Asia hingga pilihan yang lebih kebarat-baratan. Berbagai perusahaan juga telah mengembangkan paket mi yang dapat dimasak dalam microwave.

Saat ini, mi instan telah menjadi makanan pokok di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Mi instan adalah pilihan makanan yang lezat dan praktis, yang siap disajikan dalam hitungan menit. Mi ini juga cocok dinikmati dengan berbagai topping.

Nah, itulah penjelasan mengenai mi instan yang hadir di tengah kondisi masyarakat yang sulit dan akan menjadi makanan favorit banyak orang. Walaupun demikian, jangan terlalu sering makan mi instan karena makanan ini rendah nutrisi. Batasi konsumsinya maksimal 3 kali dalam seminggu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles