27.3 C
Jakarta
Saturday, December 2, 2023

Inilah Asal-Usul Spageti Napolitan Bukan Dari Italia

Mendengar kata spageti pasti tertuju pada makanan pasta spageti dari Italia. Ternyata, ada spageti yang tidak berasal dari Italia, yaitu spageti napolitan yang asalnya dari Jepang.

Spageti ini dibumbui dengan saus tomat (tomato ketchup), alih-alih dibumbui dengan saus tomat dari pasta tomat atau tomato puree. Awal kemunculannya, spageti ini dibuat untuk menjamu seorang jenderal Amerika Serikat yang berkunjung ke Jepang.

Untuk tahu lebih lanjut terkait asal-usul spageti napolitan beserta ciri khasnya yang membedakan dengan spageti Italia, langsung saja disimak ulasannya berikut ini yuk!

Spageti Napolitan Masuk Dalam Makanan Yoshoku

Ilustrasi Spageti Napolitan

Walaupun namanya seperti makanan Italia, spageti napolitan berasal dari Jepang. Hidangan ini termasuk dalam yoshoku cuisine atau hidangan western dengan sentuhan rasa Jepang.

Spageti napolitan terbuat dari pasta spageti, paprika hijau, bawang bombai, bacon atau ham, dan saus tomat (tomato ketchup). Menariknya, jika spageti biasanya dimasak dengan saus tomat dari pasta tomat atau tomato puree, spageti napolitan dimasak dengan tomato ketchup.

Spageti Napolitan Tercipta Untuk Menjamu Seorang Jenderal Amerika Serikat

Ilustrasi Spageti Napolitan

Spageti napolitan tidak dikenalkan oleh orang Italia, melainkan terdapat pengaruh dari orang Amerika Serikat. Bermula di tahun 1945 pasca-Perang Dunia II, seorang jenderal Amerika Serikat Jendral Douglas McArthur tiba di Yokohama, Jepang. Jenderal tersebut menghadiri jamuan makan malam di Hotel New Grand di Yokohama, Jepang.

Untuk menjamu tamu besar tersebut, Shigetada Irie, seorang juru masak dari hotel tersebut membuat hidangan kreasi yang terinspirasi dari makanan spageti saus tomat yang dimakan oleh tentara militer Amerika Serikat. Akhirnya spageti napolitan tercipta.

Awalnya, Chef Irie tidak menggunakan ketchup pada sausnya. Ia membuat saus dengan puree tomat dan ditambahkan aneka bumbu. Spageti yang sudah matang pun tak langsung diolah, ia tinggal berjam-jam untuk menciptakan tekstur lembut mirip udon Jepang.

Hadirnya Ketchup Pada Spageti Napolitan Adalah Karena Keterbatasan Bahan

Ilustrasi Anak Makan Spageti

Karena spageti napolitan rasanya enak, sang chef pun tetap memasak spageti napolitan di hotel tersebut. Lama-lama, spageti napolitan menjadi populer kemudian restoran-restoran lainnya pun menyajikan spageti napolitan dengan versinya sendiri-sendiri.

Namun, di zaman tersebut tomat segar maupun pasta tomat masih susah ditemukan, hingga akhirnya diganti dengan ketchup. Dan penggunaan ketchup sekarang menjadi salah satu ciri khas spageti napolitan ala Jepang.

Perbedaan Spageti Napolitan dan Spageti ala Italia

Ilustrasi Spageti Napolitan

Terdapat perbedaan cara masak dan bumbu dari spageti napolitan dan ala Italia. Spageti napolitan dibuat dengan tambahan tomato ketchup, sedangkan spageti Italia dengan saus tomat. Perbedaan kedua saus tersebut adalah tomato ketchup terbuat dari tomat, cuka, gula, dan aneka bumbu lainnya.

Sedangkan saus tomat terbuat dari tomat, air, kaldu sayur atau daging, dan aneka bumbu lainnya. Cara masak spagetinya pun berbeda. Pasta Italia dimasak hingga al dente, sedangkan pada spageti napolitan, spageti dimasak hingga cukup lembut sehingga teksturnya mirip udon.

Cara Membuat Spageti Napolitan

Ilustrasi Spageti Napolitan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat spageti napolitan adalah spageti, air, garam, bawang bombai, paprika hijau, sosis atau ham, lada hitam, ketchupparsley cincang, dan mentega. Air direbus kemudian ditambahkan sujumput garam dan masukkan spageti. Rebus spageti kurang lebih 7 menit, lalu tiriskan.

Dalam wajan terpisah tumis paprika hijau, bawang bombai, dan sosis. Lalu bumbui dengan lada dan garam. Masukkan spageti ke dalam wajan tersebut, lalu aduk rata. Tambahkan saus tomat (ketchup), aduk rata. Tambahkan mentega, kemudian bumbui garam dan lada, lalu aduk rata.

Jika terasa bumbu sudah pas, spageti sudah terkena saus tomat semua, angkat spageti lalu sajikan di piring. Taburi parsley cincang dan spageti napolitan siap dihidangkan. Praktis, sederhana, dan enak tentunya.

Nah, itulah penjelasan mengenai spageti napolitan yang berasal dari Jepang dan ternyata terinspirasi dari makanan tentara militer Amerika. Spageti napolitan pun makin populer di aneka tempat makan atau kafe di Jepang. Sederhana dan praktis, kalian juga dapat membuat spageti napolitan sendiri di rumah, lho.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles