29.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

Inilah 5 Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Makan

Warna kuliner Indonesia dari Sabang sampai Merauke sangatlah beraneka ragam. Setiap daerah memiliki warisan sajian khasnya masing-masing yang turut menjadi bagian dari budaya setempat. Tidak hanya citarasa Nusantara yang dikenal variatif, rupanya cara makan orang Indonesia juga sama unik dan beragamnya.

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan ungkapan ‘Belum makan rasanya, jika belum makan nasi’. Walaupun sudah makan kentang rebus satu bakul, tetap saja anggapannya itu hanya cemilan belaka. Selain kebiasaan wajib makan dengan nasi, ternyata masih banyak kebiasaan makan unik masyarakat Indonesia. Penasaran? Yuk disimak penjelasan dibawah ini:

Rasanya Hambar Tanpa Sambal

Ilustrasi Makanan

Lidah kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin tidak bisa lepas dari yang namanya sambal. Setiap daerah di Indonesia memiliki menu sambal yang khas. Mulai dari sambal terasi dari Jawa Barat, sambal dabu-dabu khas Manado, sambal matah dari pulau Bali, dan masih banyak macam lainnya.

Seakan tidak bisa makan tanpa sambal, bahkan seringkali turis asal Indonesia repot-repot membawa stok saus sambal di koper ketika berlibur ke luar negeri. Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap makanan pedas turut melahirkan sejumlah inovasi menu kreatif yang mengombinasikan berbagai olahan sambal.

Kerupuk Jadi Teman Makan Terbaik

Ilustrasi Kerupuk

Entah kamu sadari atau tidak, rata-rata orang Indonesia harus makan ditemani kerupuk. Ternyata, bagi para penggemar kebiasaan ini, sensasi renyah dan gurih dari kerupuk dapat menambah nafsu makan. Umumnya, kerupuk ditemukan sebagai pelengkap berbagai sajian, seperti bubur, soto ayam, ataupun gulai.

Makan Bersama Menjadi Lebih Nikmat

Ilustrasi Makan Bersama

Kebersamaan menjadi kultur yang melekat di tengah masyarakat Indonesia. Termasuk pada kebiasaan makan, mayoritas orang Indonesia menjadikan waktu makan sebagai momen berkumpul bersama dengan keluarga atau teman. Selain menambah keseruan dan kedekatan hubungan antar sesama, ada saja yang beranggapan jika makan bersama-sama dapat menambah kelezatan rasa makanannya.

Dimana Ada Tahu, Disitu Harus Ada Tempe

Ilustrasi Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe bagai dua sejoli yang tidak bisa dipisahkan. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya mengapa bisa demikian? Sederhananya, tahu dan tempe diolah dari bahan baku yang sama, yaitu kacang kedelai. Alasan lain yang mungkin masuk akal adalah pilihan cara penyajiannya yang cenderung serupa, misalkan saja digoreng atau dibacem. Tapi yang jelas, keduanya memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk tubuh.

Makan Menggunakan Tangan

Ilustrasi Makan Menggunakan Tangan

Menyantap makanan langsung dengan tangan kosong atau dalam budaya Jawa disebut ‘muluk’ telah menjadi kebiasaan yang umum dilakukan orang Indonesia lantaran dipercaya mampu menambah rasa nikmat dari makanan. Selain itu, makan menggunakan tangan juga dapat membantumu untuk mengetahui suhu dari makanan tersebut.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 kebiasaan unik saat makan yang umumnya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Manakah kebiasaan yang paling mencerminkan dirimu?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles