26.7 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

Inilah 5 Bahaya Menggunakan Charger HP Palsu

Charger merupakan salah satu aksesoris HP yang paling penting. Umumnya, saat membeli HP baru, kamu juga diberi charger bawaan yang asli. Seiring waktu, entah karena penggunaan yang terus menerus, insiden, atau apa pun, charger HP dapat mengalami kerusakan. Jika ini terjadi, mau tidak mau kamu harus mendapatkan charger pengganti.

Saat hendak membeli charger baru, pastikan kamu memilih charger yang asli. Jangan sampai kamu membeli charger palsu hanya karena harganya lebih murah. Pasalnya, charger palsu memiliki lebih banyak efek negatif. Bahkan, bisa membuat HP cepat rusak. Kali ini kita akan membahas lebih dalam seputar apa saja bahaya menggunakan charger HP palsu.

Risiko Sengatan Listrik dan Ledakan

Ilustrasi Charger HP

Salah satu risiko paling serius yang mungkin ditimbulkan oleh penggunaan charger palsu adalah sengatan listrik dan ledakan. Hal itu dikarenakan charger palsu dibuat tanpa proses pemeriksaan kualitas, tanpa sertifikasi keselamatan, dan tanpa aturan keselamatan manufaktur.

Lemahnya standar manufaktur ini membuat charger palsu lebih rentan terhadap ledakan dan guncangan. Charger asli buatan perusahaan ternama terkadang masih memiliki masalah ini, tetapi dalam jumlah yang jauh lebih kecil karena mereka melalui proses pengujian dan sertifikasi yang ketat.

Dapat Merusak HP

Ilustrasi Charger HP

Charger asli dilengkapi dengan sekring di dalamnya yang dapat terbakar jika terdapat kelebihan beban. Hal ini mencegah kerusakan pada HP atau percikan api dan kebakaran.  Sebaliknya, charger palsu tidak dilengkapi tindakan pencegahan keselamatan dasar.

Akibatnya, masalah apa pun pada charger juga dapat merusak HP. Jadi, mencoba menghemat uang dengan membeli charger palsu pada akhirnya dapat membuatmu kehilangan HP.

Mengisi Daya Dengan Lebih Lambat

Ilustrasi Charger HP

Produsen produk palsu biasanya mengeluarkan uang seminimal mungkin demi menghasilkan keuntungan. Dengan demikian, ada kemungkinan besar produk tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya hal inilah ciri utama produk palsu.

Charger palsu mungkin dapat berfungsi. Namun, hampir tidak mungkin bagi charger palsu untuk bekerja dengan kualitas atau kekuatan yang sama seperti aslinya. Misalnya, charger mengisi daya dengan sangat lambat. Hal ini dapat memakan waktu dua kali lebih lama untuk mengisi daya, yang pada akhirnya membuatmu membuang waktu dan listrik.

Charger Palsu Akan Merusak Baterai HP

Ilustrasi Charger HP

Meskipun charger palsu mungkin tampaknya bekerja secara normal atau tidak memberikan efek buruk pada HP, tetapi bisa saja ini sebenarnya merusak baterai HP. Salah satu alasannya, charger palsu mengisi daya secara jauh lebih lambat daripada yang disarankan atau jauh lebih cepat.

Melakukan ini berulang kali untuk waktu yang lama benar-benar dapat membuat baterai HP habis lebih cepat daripada yang seharusnya. Akibatnya, jika baterai yang dayanya terisi penuh umumnya bisa bertahan selama 12 jam dengan charger palsu mungkin hanya akan bertahan 5 jam atau kurang.

Boros

Ilustrasi Charger HP

Sekilas, harga produk palsu umumnya jauh lebih murah daripada produk asli. Namun, pada akhirnya kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang gara-gara membeli charger palsu. Produk palsu umumnya tidak bertahan lama.

Hal itu karena mereka dibuat menggunakan bahan-bahan yang tidak berkualitas, tidak melalui pengujian yang layak, mudah rusak akibat insiden kecil, dan banyak lagi. Dengan begitu, kamu akan dipaksa untuk segera membeli produk yang baru. Jika kamu membeli produk palsu lagi, kamu akan kembali mengulang siklus ini.

Nah, itulah penjelasan mengenai bahaya menggunakan charger HP palsu. Daripada harus mengalami hal-hal ini ada baiknya kamu membeli charger asli atau setara dengan yang asli.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles