30.9 C
Jakarta
Sunday, July 21, 2024

5 Cara Alami Untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat membuat kita menjadi tidak nyaman. Bicara susah, sulit menelan, apalagi untuk makan. Sakit yang dirasakan biasanya berasal dari iritasi pada tenggorokan karena virus atau bakteri.

Adanya serangan partikel asing tersebut merangsang sistem imun untuk membuat inflamasi dan membuat membran lendir yang terletak pada bagian tenggorokan atas membengkak. Umumnya gejala ini muncul saat kita akan terserang flu, batuk, atau radang tenggorokan.

Untungnya, ada banyak cara untuk meredakan sakit tenggorokan secara alami yang dapat kita lakukan. Kira-kira apa saja, ya? Yuk langsung saja disimak penjelasannya berikut dibawah ini:

Larutan Cuka Apel

Ilustrasi Cuka Apel

Siapa yang tidak tahu cuka apel? Cuka apel adalah tonik kesehatan yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional sejak berabad-abad yang lalu. Ada banyak khasiat yang tersimpan didalamnya, salah satunya adalah meredakan gejala flu seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Untuk mengonsumsinya, kamu perlu mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air putih. Agar terasa lebih enak, kamu dapat menambahkan satu sendok makan madu kedalam campuran tersebut. Larutan ini mengandung sifat antibakteri sehingga bisa membantu meredakan rasa sakit akibat inflamasi.

Campuran Madu dan Rempah

Ilustrasi Madu dan Kayu Manis

Tenggorokan yang gatal dan iritasi membutuhkan pelumas untuk mencegah kondisinya semakin buruk. Dilansir dari Health, kamu bisa mencampurkan madu, bubuk kayu manis, sedikit lada hitam, dan bubuk jahe. Madu berfungsi sebagai antivirus dan bakteri, sedangkan rempah-rempah bisa menopang sistem kekebalan tubuhmu.

Untuk jumlahnya, kamu cukup mengira-ngira saja karena tidak akan berpengaruh. Campur semuanya hingga rata, kemudian telan dengan perlahan. Campuran tersebut akan membantu melapisi tenggorokanmu sehingga rasa sakit bisa berkurang.

Berkumur dengan Air Garam

Ilustrasi Berkumur

Metode berikutnya yang bisa kamu coba adalah berkumur dengan air garam. Cara ini terkenal untuk meredakan sakit tenggorokan secara alami. Kenapa begitu? Dilansir dari Medical News Today, garam dapat membantu mengurangi inflamasi dan menarik cairan yang ada di jaringan tenggorokanmu. Hal tersebut bermanfaat untuk membunuh mikroba yang tidak diinginkan.

Cara mempraktikkannya juga cukup gampang. Hanya mencampurkan secangkir air hangat dengan satu sendok teh garam. Aduk larutan tersebut hingga larut. Berkumurlah selama 30 detik dan ulangi setiap jam sekali. Jangan sampai ditelan, ya!

Air Lemon

Ilustrasi Air Lemon

Lemon memiliki kandungan yang baik untuk mencairkan lendir di tenggorokan sehingga dapat meredakan rasa sakit. Tidak hanya itu, vitamin C yang terdapat di dalamnya juga mampu meningkatkan kekuatan sistem imun untuk melawan iritasi.

Untuk mengonsumsinya kamu memerlukan satu buah lemon. Peras airnya, campurkan dengan air dan madu atau larutan air garam. Kombinasi tersebut baik untuk memaksimalkan manfaatnya.

Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang kaya akan manfaat, terutama untuk kesehatan manusia. Minyak tersebut bisa membantu melawan infeksi, mengurangi inflamasi, dan meredakan rasa sakit. Tidak cukup sampai di situ, minyak kelapa juga dapat menenangkan karena membantu melumasi membran lendir di tenggorokan.

Bagaimana cara terbaik untuk mengonsumsinya? Kamu bisa mencampurkan satu sendok makan minyak kelapa dengan teh hangat, sup, atau larutan herbal lain yang kamu minum. Jika kamu tidak mau repot, cukup ambil dua sendok makan minyak dan telan secara perlahan untuk melapisi tenggorokanmu.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara alami untuk meredakan sakit tenggorokan. Hal penting lain yang perlu kamu ketahui saat sakit tenggorokan sebaiknya hindari minuman dengan pemanis buatan, tak terkecuali minuman yang mengandung banyak gula. Untuk sementara, ganti pemanis dengan madu yang jelas dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles