25.6 C
Jakarta
Tuesday, July 9, 2024

Inilah 5 Cara Untuk Menghilangkan Ngantuk Tanpa Kopi

Pagi-pagi meminum kopi memang membuat ngantuk menghilang. Kandungan kafein di dalamnya dapat meningkatkan kewaspadaan, energi, dan kemampuan untuk berkonsentrasi. Namun, mengonsumsi kopi berlebih dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh seperti gugup, gelisah, insomnia, bahkan diare.

Meski cocok untuk memulai hari, kamu juga perlu memberikan jeda kafein terhadap tubuh. Sebagai alternatifnya, terapkan cara menghilangkan ngantuk tanpa menggunakan kopi dibawah ini agar kamu tetap segar dan produktif untuk menjalankan aktivitas.

Makan Salad

Ilustrasi Salad

Mengisi hari dengan camilan sehat dapat membantu meningkatkan semangat beraktivitas dan mengurangi kantuk. Salad sayur dan buah, bisa menjadi camilan pilihan yang oke. Terlebih, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung karena mengadung vitamin B yang cukup.

Vitamin B adalah bagian dari proses pembuatan energi sel. Seseorang yang kekurangan vitamin B terutama B12, umumnya menderita kelelahan yang ekstrem dan insomnia. Di luar daripada itu, memenuhi kebutuhan vitamin B dapat mengurangi risiko depresi.

Minum Air

Ilustrasi Minum Air

Mengantuk mungkin terjadi akibat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Meski kamu cukup minum saat beraktivitas, tubuh tetap dapat mengalami dehidrasi saat bangun tidur. Maka dari itu, penting untuk memulai hari dengan minum air.

Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Beberapa ahli menganjurkan untuk minum enam sampai delapan gelas air sehari. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa jumlahnya bisa lebih atau kurang dari itu tergantung berat dan ukuran tubuh. Hal ini bisa menjadi cara untuk menghilangkan ngantuk tanpa kopi yang paling mudah dan efektif.

Olahraga

Ilustrasi Olahraga

Untuk menghilangkan ngantuk, kamu tidak perlu nge-gym atau berolahraga yang berat. Cukup dengan jalan-jalan disekitar rumah, squat di tempat, dan melakukan kegiatan sederhana lainnya. Jika kamu sedang berada di kantor, coba berjalan berkeliling, naik tangga, dan sebagainya.

Seorang dokter osteopati Sandra Darling, DO. Mengungkapkan bahwa melakukan aktivitas sekecil apapun pada pagi hari dapat memberikan energi. Dengan begitu, hal tersebut dapat membantumu untuk bangun dan beraktivitas dengan segar.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Ilustrasi Asupan Nutrisi

Kafein dalam kopi bisa membantu boost energi sehingga tubuh menjadi lebih semangat. Namun, gula dalam kopi bisa memicu masalah kesehatan di kemudian hari. Alih-alih mengonsumsi minuman yang manis, lebih baik pilih cara menghilangkan ngantuk tanpa kopi dengan menyesuaikan asupan.

Ganti gula dalam kopi dengan nutrisi gula alami, seperti buah-buahan segar. Terpenting, hindari menumpuk karbohidrat berlebihan. Saat sarapan, sebaiknya sertakan makanan kaya protein dan serat. Asupan ini dapat menjadi sumber tenaga tanpa menyebabkan rasa ngantuk.

Beristirahat dari Layar

Ilustrasi Didepan Layar

Mengantuk bisa menjadi kode dari mata bahwa organ ini kelelahan. Mata membutuhkan jeda untuk beristirahat dan mengurangi rasa tegang akibat terlalu lama menatap layar. Hal ini sering terjadi pada pekerja yang sehari-hari menggunakan perangkat elektronik, misalnya laptop, HP, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, usahakan untuk memberikan waktu mata melakukan relaksasi. Hal ini berguna untuk menghindari mata kelelahan, sering-seringlah melihat ke kejauhan. Olahraga mata dengan memutar pandangan bisa membantu mengurangi ngantuk dan kelelahan mata.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan ngantuk tanpa kopi. Cara tersebut mungkin tidak langsung berhasil, terlebih jika kamu sudah terbiasa mengandalkan kafein. Namun, apabila rasa ngantuk yang berlebih tidak kunjung hilang dan terasa mengganggu, segera dapatkan bantuan kepada ahlinya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles