29 C
Jakarta
Friday, September 22, 2023
- Advertisement -

Portugal Akan Mengadakan Larangan Merokok Hampir di Semua Tempat Umum

Pemerintah Portugal berencana mengekspansi undang-undang terkait larangan merokok di tempat umum. Apabila diresmikan, maka hampir seluruh area publik di Portugal harus terbebas dari asap tembakau.

Kebijakan ini didasarkan dari rencana pemerintah yang mencanangkan generasi bebas tembakau pada tahun 2040. Pemerintah setempat mengungkapkan bahwa sekitar dua per tiga kasus kematian perokok di Portugal disebabkan menghirup tembakau.

Merokok Hanya Diperbolehkan di Ruangan Khusus Merokok

Menteri Kesehatan Portugal, Manuel Pizarro mengatakan bahwa kebijakan perluasan larangan merokok di tempat umum ini berfungsi untuk melindungi warga di masa yang akan datang.

“Dengan amandemen ini, kami akan memulai hari ini dalam program melindungi penduduk dewasa di masa yang akan datang,” kata Pizarro pada Kamis (11/5/2023), dilansir¬†Reuters.

Ia menerangkan bahwa jika undang-undang ini disahkan. Maka larangan merokok akan diperluas di sejumlah area terbuka yang meliputi lingkungan, sekitar bangunan sekolah, universitas, rumah sakit, fasilitas olahraga, luar restoran, bar, dan kedai kopi.

Nantinya hanya restoran, bar, dan club malam yang memiliki area khusus untuk merokok yang boleh dijadikan tempat merokok sampai 2030. Mulai 2025, hanya penjual rokok resmi dan toko di bandara yang boleh menjual rokok. Maka vending machines, bar, restoran, dan pom bensin dilarang menjual rokok.

Mendapat Protes dari Asosiasi Penjual BBM

Asosiasi Penjual BBM (ANAREC) mengungkapkan bahwa mereka terkejut mendengar informasi niat Dewan Menteri untuk meresmikan undang-undang perluasan larangan merokok dan penjualan rokok di pom bensin.

“Meski ini sangat penting untuk mempromosikan kesehatan dan melindungi penduduk dari dampak asap tembakau pada lingkungan. Hal ini berarti kami tidak diperbolehkan untuk menjual rokok tembakau,” papar ANAREC dikutip dari The Portugal News.

“Kebijakan ini terbukti tidak imbang dan cenderung diskriminatif, hanya mementingkan dan meningkatkan penjualan dari sejumlah penjual saja. Hal ini akan menurunkan penghasilan penjual lain, terutama penjual rokok di pom bensin,” sambungnya.

Baca Juga :  Dikabarkan Danau Toba Muncul Seekor Ikan Red Devil

Mereka menyebut bahwa tembakau masih akan dijual dan penjualan pasti akan terpusat di beberapa titik saja. Maka dari itu, ANAREC menguntungkan sejumlah bisnis tertentu dan merugikan yang lainnya.

Jumlah Perokok Aktif di Portugal Menurun

Portugal Resident melaporkan bahwa jumlah resmi perokok di Portugal terus mengalami penurunan sejak diberlakukannya undang-undang tembakau pada 2007. Pada 2005, jumlah perokok mencapai 21 persen dari total penduduk. Persentasenya turun menjadi 20 persen pada 2014 dan kembali turun ke 19 persen pada 2019.

Sekretariat Negara Promosi Kesehatan Margarida Tavares, mengungkapkan pembatasan ini akan membawa Portugal bebas tembakau pada tahun 2040. Ia menyebut bahwa penduduk Portugal akan jauh lebih sehat dari sekarang.

Nah, itulah penjelasan mengenai Portugal yang akan mengadakan larangan merokok hampir di semua tempat umum. Kebijakan ini didasarkan dari rencana pemerintah yang mencanangkan generasi bebas tembakau pada tahun 2040.

- Advertisement -

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

X
X