28.5 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

5 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Meski Hanya Tidur Sebentar

Kita semua mengetahui jika tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup. Namun, terkadang karena harus menyelesaikan tugas penting atau begadang menonton serial kesayangan, kita rela mengorbankan waktu tidur walaupun esok harinya harus beraktivitas seperti biasa.

Jika kamu kurang tidur, kamu perlu effort agar tubuh tetap bugar dan dapat beraktivitas secara optimal. Berikut ini merupakan beberapa tips agar tubuh tetap prima meski hanya tidur sebentar.

Tidur di Ruangan yang Tenang dan Gelap

Ilustrasi Tidur

Ketika tidur dalam keadaan lampu dimatikan, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin dengan lebih maksimal. Salah satu fungsi hormon melatonin adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidur di ruangan yang gelap dapat merilekskan pikiran. Secara tidak langsung juga dapat menjadi sarana meditasi ringan, yang dapat menstabilkan emosi dan pikiran sehingga tidurmu nyenyak dan berkualitas. Tubuh menjadi lebih segar ketika bangun pada pagi hari.

Hindari Makan Berat Dua Jam Sebelum Tidur

Ilustrasi Makan

Makan tepat sebelum tidur akan membebani tubuh. Pasalnya, tubuh yang seharusnya beristirahat justru jadi harus bekerja keras memproses makanan yang kamu konsumsi. Untuk itu, disarankan setidaknya dua jam sebelum tidur kita tidak makan berat untuk memaksimalkan tubuh agar istirahat saat tidur.

Selain itu, bagi orang dengan GERD disarankan untuk tidak makan berat sebelum tidur setidaknya dua jam sebelum tidur. Pasalnya, berbaring setelah makan akan membuat isi lambung naik ke tenggorokan.

Jauhkan Diri dari Gadget

Ilustrasi Gadget

Satu jam sebelum tidur sebaiknya jauhkan berbagai jenis gadget dari tempat tidurmu. Pasalnya, saat menatap layar handphone paparan sinar biru yang terpancar dapat menghambat produksi hormon melatonin. Menurunnya produksi hormon ini dapat mengganggu kualitas tidur.

Yang ada, esok harinya kamu menjadi tidak berenergi dan sulit fokus. Di samping itu, pancaran cahaya dari layar gadget juga dapat membuat fase tidur rapid eye movement (REM) menjadi terhambat. Fase tidur ini diperlukan untuk memulihkan fungsi kognitif serta kestabilan emosi.

Jangan Terus Melawan Ngantuk dengan Kopi

Ilustrasi Kopi

Walaupun waktu tidurmu hanya beberapa jam saja, usahakan kamu mempunyai jadwal tidur yang tetap setiap harinya. Melawan rasa ngantuk dengan minum kopi tak sepenuhnya baik. Kamu harus dapat mengondisikan diri untuk tidak minum kopi, minuman berenergi, atau minuman yang memiliki kandungan gula tinggi minimal enam jam menjelang tidur.

Agar tubuh dapat tetap fresh secara alami meski jam tidur kurang, air putih adalah solusi yang lebih menyehatkan. Minumlah air putih sesaat setelah bangun tidur. Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat.

Olahraga Ringan pada Siang Hari

Ilustrasi Yoga

Jika waktu tidurmu kurang, luangkanlah waktu 10 sampai 15 menit untuk melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan dapat membuat tubuh menjadi terasa lebih fresh dan tidak mudah lelah meski tidur hanya sebentar.

Olahraga membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, berolahraga juga membuat suasana hati menjadi lebih baik. Kamu bebas melakukan olahraga ringan yang kamu sukai. Entah itu joging, yoga, berenang, bersepeda, jalan kaki, atau lainnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai tips agar kamu tetap bugar meski hanya tidur sebentar. Ingat, semua tips di atas untuk “bertahan hidup” karena malam sebelumnya kurang tidur hanya berguna dalam jangka pendek. Tidak ada strategi jangka panjang yang berfungsi secara efektif dengan sedikit atau tanpa tidur. Demi kesehatan tubuh, usahakan untuk tidur cukup setiap malamnya selama 7 hingga 8 jam sehari.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles