28.5 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

5 Rekomendasi Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Diare

Diare merupakan penyakit gangguan pencernaan yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada saluran pencernaan, keracunan makanan, dan alergi makanan. Gejala diare biasanya ditandai dengan perut mulas dan buang air besar encer secara terus menerus. Penderita diare disarankan untuk meminum oralit dan air putih yang banyak agar tidak terjadi dehidrasi.

Makanan menjadi salah satu hal yang sangat diperlukan untuk diperhatikan saat kamu mengalami gejala diare. Kamu tidak boleh makan sembarangan karena akan memperburuk gejala diare bahkan bisa menyebabkan komplikasi. Berikut dibawah ini merupakan lima rekomendasi makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat diare serta dapat membantu proses pemulihan gejala diare.

Bubur

Ilustrasi Bubur Nasi

Saat diare, makanan berserat tinggi akan menyebabkan usus bekerja lebih ekstra dan bisa memperburuk keadaan kamu. Makanan tinggi karbohidrat namun rendah serat, seperti nasi putih, merupakan salah satu pilihan yang tepat disaat mengalami diare. Nasi dapat dimasak dengan banyak air sehingga lebih halus dan menjadi bubur.

Kamu dapat menambahkan topping ayam suwir yang lembut pada bubur nasi sebagai protein dan bisa menambah nafsu makanmu. Makanlah bubur tersebut dengan porsi yang sedikit tetapi sering agar kebutuhan energi kamu tercukupi dan saluran pencernaan dapat segera pulih.

Sup Ayam

Ilustrasi Sup Ayam

Diare dapat menyebabkan kehilangan banyak cairan didalam tubuh. Hal tersebut harus segera ditangani agar kemu tidak mengalami gejala dehidrasi. Selain minum air putih yang banyak, saat diare kamu juga disarankan untuk memakan makanan yang berkuah, seperti sup ayam.

Sup ayam dapat ditambahkan sayur wortel dan kentang yang kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu yang sederhana saja. Sup ayam tersebut kaya akan nutrisi dan baik untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Namun, tidak disarankan untuk memakan makanan berkuah yang penuh rempah, seperti soto ayam dan kari karena akan mempengaruhi kinerja usus.

Telur Rebus

Ilustrasi Telur Rebus

Telur dapat dikonsumsi saat sedang mengalami diare karena mudah dicerna dan dapat membantu memperlambat pergerakan usus. Sebagai makanan saat diare, disarankan untuk mengonsumsi telur yang direbus. Telur rebus tidak mengandung minyak, memiliki tekstur yang lebih halus, dan juga mengandung protein yang akan membantu menghindari perut kembung.

Namun, pastikan telur rebus yang akan dikonsumsi sudah benar-benar matang agar tidak terinfeksi bakteri Salmonella. Saat diare juga tidak boleh memakan makanan yang mentah karena dikhawatirkan makanan tersebut mengandung banyak bakteri atau virus. Hal tersebut dapat memperparah gejala diare.

Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal

Saat mengalami diare, oatmeal dapat menjadi salah satu pilihan makanan. Oatmeal memiliki kadar karbohidrat dan serat larut yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan tinggi serat memang akan membuat usus bekerja lebih ekstra dan membuat lebih mudah buang air besar.

Tetapi, oatmeal mengandung serat yang dapat mengikat air untuk menambah kepadatan feses. Kandungan nutrisi dari oatmeal juga berguna sebagai tambahan energi dan baik untuk pencernaan.

Buah Pisang

Ilustrasi Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang aman untuk dikonsumsi saat kamu diare. Pisang mengandung pektin atau serat larut yang dapat membantu usus mengikat air untuk menambah kepadatan feses. Tekstur lembut dari pisang tidak membuat usus bekerja ekstra mencernanya. Kandungan gula serta karbohidrat dalam buah pisang juga dapat menjadi tambahan energi bagi tubuh.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 rekomendasi makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat diare. Kelima makanan di atas aman untuk kamu konsumsi saat terkena diare setidaknya sampai gejalanya reda. Saat sedang diare disarankan makan makanan yang bergizi dan tetap menjaga kebersihan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles