29 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

Inilah 5 Penyebab Umum Migrain

Datang dengan tiba-tiba, sakit kepala sebelah atau yang biasa disebut migrain membuat banyak orang buru-buru untuk minum obat pereda nyeri dan beristirahat di ruangan yang gelap. Jika migrain terus datang perhatikan polanya karena mungkin itu adalah peringatan dari tubuh.

Migrain memiliki berbagai pemicu dan pemicu tersebut mungkin berbeda-beda pada setiap orang. Jadi, dengan mengetahui penyebab serangan sakit kepala sebelah ini dapat dicegah. Berikut dibawah ini merupakan 5 penyebab umum migrain dan cara simpel untuk menanganinya.

Stres

Ilustrasi Stres

Dari tugas, pekerjaan, hingga masalah hidup, American Migraine Foundation mengklaim bahwa 70 persen masalah migrain dimulai dari tekanan pikiran. Lalu, ditambah dengan waswas saat atau kapan migrain akan menyerang, hal tersebut malah menciptakan lingkaran setan. Lalu, bagaimana cara menanganinya? Ada berbagai cara untuk membuat diri menjadi relaks seperti terapi relaksasi, meditasi, olahraga, hingga menjaga jam tidur.

Memang, langkah-langkah tersebut tidak dapat mencegah stres karena pada dasarnya stres adalah bagian dari hidup. Akan tetapi, relaksasi dapat mengubah respons tubuh terhadap stres sehingga tidak memicu migrain.

Jam Tidur Tidak Teratur

Ilustrasi Insomnia

Berbicara mengenai jam tidur jika jam tidur berantakan hal ini dapat menyebabkan migrain. Tidur memulihkan kondisi tubuh (termasuk otak) sehingga kekurangan jam tidur dapat mengundang migrain.

American Migraine Foundation mencatat bahwa kebanyakan kasus migrain terjadi antara pukul 4 subuh dan 9 pagi, sehingga migrain dapat menyebabkan gangguan tidur juga.

Sementara kebutuhan tidur orang berbeda-beda, cobalah tidur pada jam yang sama setiap malam untuk mendapatkan 7–8 jam tidur. Agar tidur malam tidak terganggu, hindari tidur siang yang terlalu sore atau terlalu lama, jangan menonton TV saat menjelang jam tidur, dan ciptakan suasana kamar tidur yang sejuk.

Mengonsumsi Kafein atau Alkohol

Ilustrasi Kopi

Insiden migrain dapat disebabkan oleh mengonsumsi kafein dari kopi atau teh. Meskipun kafein sering dianggap sebagai solusi migrain dan beberapa obat migrain mengandung kafein, tetapi jika migrain membuat jam tidur tak menentu, bukan tidak mungkin kafein bisa menjadi biang kerok migrain. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa mengonsumsi kafein perlu dihindari pada pukul 2–3 siang agar tidak mengganggu waktu tidur dan tidaK menyebabkan migrain.

Dehidrasi

Ilustrasi Minum Air

Mengungkit soal dehidrasi sebagai penyebab migrain, American Migraine Foundation mengatakan bahwa sepertiga pasien migrain mengeluh kekurangan cairan. Selain migrain, jika dehidrasi dibiarkan, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari sakit ringan hingga keadaan darurat medis.

Karena Indonesia adalah negara tropis, terik panas bisa membuat tubuh cepat kekurangan cairan. Jadi, bawalah air minum sendiri agar bisa diminum di mana saja. Bahkan, meminum segelas air saja seharusnya sudah mengusir risiko migrain akibat dehidrasi. Selain itu, hindari mengonsumsi obat diuretik agar ekskresi cairan tidak berlebihan.

Penggunaan Obat yang Berlebihan

Ilustrasi Obat

Meski obat bisa menjadi solusi nyeri migrain, tetapi jika minum obat migrain lebih dari 10 hari dalam sebulan, ada risiko ketergantungan obat dan ini dapat memicu migrain. Kondisi itu disebut sebagai medication overuse headache (MOH) atau sakit kepala rebound.

Jika terjadi, mulailah untuk berhenti meminum obat agar tubuhmu bisa menguraikannya. Selain itu, konsultasi dengan dokter tentang bagaimana cara mengelola nyeri migrain dan cara mengatasi yang lebih aman.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa pemicu umum migrain serta cara untuk menanganinya. Pada dasarnya, migrain dapat dicegah dan dengan mengetahui penyebabnya kita dapat mencegahnya di kemudian hari.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles