28.1 C
Jakarta
Wednesday, February 21, 2024

Inilah 5 Aktivitas yang Dapat Membantu Tidur Lebih Cepat

Apa yang biasa kamu lakukan ketika mengalami susah tidur atau insomnia? Apakah kamu akan terus berbaring dan memejamkan mata atau berusaha untuk cepat tidur dengan menghitung domba? Mungkin banyak orang yang menganggap susah tidur adalah sesuatu hal yang sepele, namun jika terjadi secara terus menerus tentunya hal ini dapat berbahaya untuk kesehatan fisik maupun mental.

Tidur yang cukup dan teratur dapat memulihkan energi secara maksimal dan membuat tubuhmu menjadi lebih fit. Lalu bagaimana cara agar kita bisa cepat tidur? Yuk langsung aja disimak, berikut 5 aktivitas yang dapat membuatmu cepat tidur.

Hindari Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Ilustrasi Penggunaan Gadget

Gawai atau gadget menjadi salah satu sarana pelepas jenuh yang seringkali sulit untuk ditinggalkan. Bahkan kebanyakan orang masih bermain gadget  sesaat sebelum mereka tidur. Hal tersebut ternyata memiliki pengaruh yang kurang baik terhadap kualitas tidur kita.

Menurut jurnal penelitian, cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget bisa mengganggu aktivitas hormon melatonin. Hormon tersebut berperan penting untuk tubuh dalam mengatur pola tidur sehingga tubuh bisa beristirahat dengan baik. Apabila kerja hormon melatonin terganggu maka pola tidur dan kualitasnya juga akan turut terganggu.

Membiasakan Untuk Tidur Tepat Waktu

Ilustrasi Tidur

Tubuh memiliki siklus tidur alami yang dinamakan dengan irama sirkadian. Dalam siklus ini, digambarkan bahwa tubuh memiliki pola fungsi fisiologis yang berbeda pada rentang waktu tertentu.

Waktu tidur yang konsisten dan tidak terlalu larut bisa membantu mengatur irama sirkadian sehingga tubuhmu akan lebih sering mengantuk pada waktu tidur. Sebaliknya jika kamu sering begadang dan waktu tidurmu tidak teratur, maka irama sirkadian akanm terganggu sehingga pola tidur akan semakin berisiko dan menjadi lebih kacau.

Buatlah Lingkungan Tidur yang Nyaman

Ilustrasi Tidur

Lingkungan tidur yang nyaman bisa sangat membantumu untuk dapat segera terlelap. Tempat tidur yang nyaman dan suasana yang tenang bisa membantu kita untuk bisa tidur dengan baik.

Selain itu, sangat direkomendasikan untuk tidur dengan keadaan kamar yang gelap. Tubuh akan merespons lingkungan yang gelap sebagai waktu yang tepat untuk beristirahat sehingga kamu akan lebih cepat tertidur dan kualitas tidurmu akan menjadi lebih baik.

Melakukan Meditasi dan Relaksasi

Ilustrasi Meditasi

Menggunakan teknik meditasi atau relaksasi seperti melakukan pernapasan dalam-dalam secara teratur sebelum tidur dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, serta mempersiapkan tubuh untuk tidur. Sebuah studi menyebutkan bahwa teknik meditasi bisa berpengaruh positif terhadap kualitas tidur.

Pikiran yang tenang adalah kunci untuk bisa tertidur dengan lelap. Stres dengan perasaan yang gelisah, cemas, dan terus menerus terfokus pada masalah atau kekhawatiran dapat menyebabkan tidur menjadi tidak berkualitas dan bahkan sulit untuk bisa tertidur.

Rajin Berolahraga

Ilustrasi Olahraga

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantumu untuk bisa meningkatkan kualitas tidur malam. Studi menyebutkan bahwa aktivitas fisik diketahui memiliki pengaruh yang positif dalam memperbaiki pola tidur.

Tubuh akan mengeluarkan hormon serotonin ketika berolahraga yang bermanfaat bagi tubuh untuk bisa merasakan rileks serta mengurangi rasa cemas dan stres yang menjadi salah satu penyebab seseorang sulit tidur atau insomnia.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 aktivitas yang dapat membantu tidur lebih cepat. Tidur yang cukup dan teratur dapat memulihkan energi secara maksimal dan membuat tubuhmu menjadi lebih fit.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles