32.2 C
Jakarta
Sunday, May 19, 2024

Ukraina Berhasil Merebut 3 Desa dari Rusia

Ukraina mengeklaim telah merebut tiga desa di wilayah Donetsk, pada Minggu (11/6/2023). Kemenangan ini menjadi yang pertama sejak serangan balik Ukraina kepada Rusia.

Dilansir dari BBC, sebuah rekaman di media sosial memperlihatkan pasukan Ukraina yang merayakan atas perebutan wilayah tersebut di permukiman Blahodatne dan Neskuchne di wilayah Donetsk.

“Makarivka (desa) di dekatnya juga diambil,” kata, Wakil Menteri Pertahanan Kyiv yang dikutip pada Senin (12/6/2023).

Serangan Balasan Telah Dilakukan Sejak Sabtu

Sementara itu, pada Sabtu (10/6/2026) Presiden Volodymyr Zelensky juga membenarkan serangan balasan sudah dimulai.

“Ketiga permukiman ini akan menjadi yang pertama dibebaskan sejak serangan balasan di mulai,” ucapnya.

Ketiga desa tersebut bukan yang pertama direbut kembali oleh tentara Ukraina ketika kantong pasukan mulai bergerak maju di wilayah selatan negara itu.

Disisi lain, Moskow belum mengonfirmasi jatuhnya desa mana pun alih-alih berbicara tentang memukul mundur serangan Ukraina di wilayah tersebut.

Rusia Meledakkan Bendungan di Wilayah Zaporizhzhia

Di tempat lain, Ukraina juga mengatakan jika Rusia telah meledakkan bendungan lain di wilayah Zaporizhzhia. Hal tersebut menyusul penghancuran bendungan Nova Kakhovka yang menyebabkan banjir semakin meluas. Ukraina mengatakan bendungan tersebut diledakkan oleh pasukan Rusia, yang telah menguasainya sejak Februari 2022.

Rusia Membantah Telah Meledakkan Bendungan Nova Kakhovka

Juru bicara militer Ukraina, Valeriy Shershen juga mengatakan jika pasukan Moskow telah memilih untuk meledakkan bendungan kedua di dekat Desa Novodarivka yang menyebabkan banjir di kedua tepi sungai Mokri Yaly.

Shershen juga mengatakan jika Rusia sengaja meledakkan bendungan di wilayah tersebut untuk menghentikan kemajuan Ukraina menuju daerah-daerah yang diduduki oleh Rusia. Walaupun demikian, Rusia membantah telah meledakkan bendungan Nova Kakhovka dan malah menyalahkan Ukraina terkait insiden tersebut.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai Ukraina yang telah berhasil merebut 3 desa dari Rusia. Ukraina mengeklaim telah merebut tiga desa di wilayah Donetsk, pada Minggu (11/6/2023). Kemenangan ini menjadi yang pertama sejak serangan balik Ukraina kepada Rusia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles