29.5 C
Jakarta
Sunday, February 25, 2024

Hewan – Hewan Laut Paling Beracun

Hewan laut telah berevolusi dengan berbagai cara untuk bisa melindungi diri dari ancaman. Beberapa menggunakan kamuflase untuk berbaur dengan lingkungan mereka, sementara yang lainnya mengandalkan racun sebagai pertahanan dari predator.

Menurut para peneliti, setidaknya ada lebih dari 1.200 hewan laut beracun, dan beberapa di antaranya memiliki racun paling mematikan di dunia. Penasaran hewan laut apa yang paling beracun di dunia? Berikut daftarnya.

1. Stonefish ( Synanceia verrucosa )

Stonefish

Menurut laman Oceana, stonefish atau ikan batu adalah ikan paling beracun di dunia. Melalui duri sirip punggungnya, ikan batu dapat menyuntikkan racun yang mampu membunuh orang dewasa dalam waktu kurang dari satu jam. Di alamnya, ikan batu tidak menggunakan racunnya untuk menangkap mangsa, melainkan untuk menghindari pemangsaan.

Racunnya sangat menyakitkan dan kemungkinan cukup efektif untuk mengusir bahkan pemangsa potensial yang paling kuat sekalipun.

2. Gurita Cincin Biru ( Hapalochlaena )

Gurita Cincin Biru

Racun gurita cincin biru digadang-gadang 1.000 kali lebih kuat daripada sianida. Hewan hanya memiliki ukuran sebesar bola golf ini mengemas racun yang cukup untuk membunuh 26 manusia dalam beberapa menit. Tidak mengherankan jika hewan kecil ini diakui sebagai salah satu hewan paling berbahaya di lautan.

3. Ikan Lepu ( Pterois )

Ikan Lepu

Ikan lepu ayam (Red Lionfish) memang memiliki tampilan yang unik dan cantik. Hewan ini sering menjadi satwa peliharaan oleh pecinta ikan hias karena bentuk tubuh dan corak warnanya.

Kendati demikian kita harus berhati-hati, spesies Pterois memiliki bisa yang berbahaya bagi manusia. Bisa ini terdapat pada duri-duri mereka, jika tersentuh maka berakibat fatal untuk kesehatan.

Dalam beberapa tahun terakhir, lion fish menjadi objek perburuan secara masif di perairan Amerika Serikat.

Hal ini demi menjaga ekosistem laut sekitar dari berlebihnya populasi ikan tersebut.

4. Ubur-ubur Kotak ( Cubozoa )

Ubur-Ubur Kotak

Ubur-ubur kotak kecil Australia juga dianggap sebagai hewan paling beracun di lautan. Sengatannya dapat menyebabkan jantung berhenti, kelumpuhan, bahkan kematian pada manusia hanya dalam beberapa menit. Jadi, cobalah untuk berhati-hati saat bertemu hewan transparan ini.

5. Ular Laut ( Hydrophiinae )

Ular Laut

Ular laut memiliki racun daripada kebanyakan ular berbisa yang ditemukan di darat. Untungnya, mereka biasanya tidak menggigit kecuali diprovokasi dan gigitannya itu cenderung sulit menembus sesuatu yang tebal lantaran taringnya sendiri berukuran sangat pendek.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles