27.6 C
Jakarta
Thursday, July 11, 2024

7 Alasan Mengapa Kucing Suka Menggaruk Dinding dan Furnitur

ebiasaan menggaruk adalah perilaku alami kucing. Sayangnya, tidak jarang perilaku tersebut merusak dinding dan juga furnitur di rumah. Kucing perlu menjaga cakarnya dalam kondisi baik, kucing peliharaan akan menggaruk benda-benda di dalam rumah ketika mereka tidak memiliki akses ke luar.

Alasan kucing suka menggaruk di rumah

Kucing suka menggaruk dinding dan furnitur karena memiliki beberapa alasan dan kebiasaan alami yang perlu dipenuhi. Berikut adalah tujuh alasan mengapa kucing sering menggaruk dinding dan furnitur:

1. Mempertajam Kuku

Menggaruk adalah cara alami bagi kucing untuk merawat dan mempertajam kuku mereka. Ini membantu mereka menghilangkan lapisan luar yang kusam pada kuku, sehingga kuku mereka tetap tajam dan siap untuk berburu atau melindungi diri.

2. Marka Territorial

Kucing memiliki kelenjar scent di kaki mereka yang mengeluarkan bau khas. Dengan menggaruk dinding dan furnitur, mereka meninggalkan jejak bau mereka sebagai tanda territorial untuk mengklaim wilayahnya.

3. Latihan Fisik

Menggaruk juga merupakan bentuk latihan fisik bagi kucing. Gerakan menggaruk membantu melatih otot-otot tubuh dan mempertahankan kebugaran mereka.

4. Penanda Visual

Garis-garis yang dihasilkan dari menggaruk dapat menjadi penanda visual bagi kucing lain bahwa wilayah tersebut sudah ditempati atau miliknya.

5. Menghilangkan Stres dan Cemas

Menggaruk dapat menjadi kegiatan melepaskan stres bagi kucing. Ketika kucing merasa cemas atau gelisah, menggaruk dapat membantu mereka merasa lebih tenang.

6. Merasa Nyaman

Beberapa permukaan seperti dinding dan furnitur memberikan tekanan yang nyaman pada cakar kucing, mirip dengan meremas atau memijat bagi mereka.

7. Insting Alami

Menggaruk adalah perilaku alami bagi kucing. Kucing liar pun akan menggaruk pohon dan batu sebagai bagian dari insting alaminya.

Penting untuk memberikan alternatif yang tepat untuk menggaruk, seperti papan gores khusus untuk kucing, agar mereka tidak merusak furnitur atau dinding di dalam rumah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles