30.6 C
Jakarta
Thursday, April 11, 2024

Anak Kucing Alami “Mabuk Susu”, Apakah Berbahaya?

Anak kucing yang terlalu banyak meminum susu disebut mengalami kondisi “mabuk susu”. Hal tersebut ditunjukkan oleh akun Twitter @kochengfs

Dalam cuitannya, pengunggah membagikan video anak kucing yang kebanyakan minum susu hingga kondisinya tidak bergerak.

“Kcg! bayiikk mabok susu sampai gak gerak…,” tulis pengunggah. Menanggapi unggahan tersebut, seorang warganet mengomentari kalau anak kucing itu kekenyangan sehingga malas bergerak.

Sementara pemilik akun lain mengaku khawatir karena anak kucing itu terlihat lemas seakan mau mati. Lantas, berbahayakah kucing yang terlalu banyak minum susu hingga “mabuk susu”?

Bahaya kebanyakan susu

Dokter hewan di Universitas Nusa Cendana Aji Winarso mengatakan, kucing yang kebanyakan minum susu memang dapat kekenyangan.

Namun, kondisi ini tidak sama dengan mabuk atau keracunan. “Mungkin kekenyangan, sampe susah nafas. Kalau susunya belum expired mestinya tidak mabuk (keracunan),” ujarnya, Sabtu (5/8/2023).

Menurut Aji, anak kucing yang terlalu banyak minum air susu induknya berpotensi mengalami gangguan kesehatan.

Anak kucing akan sulit bernapas karena kekurangan oksigen. Hal ini terjadi karena rongga paru-parunya terdesak lambung yang membesar seiring dengan banyaknya susu yang dikonsumsi.

Paru-paru akan kesulitan mengembang secara maksimal. Akibatnya, kucing menjadi sulit bernapas. “Jadi begah begitu,” tambah dia.

Susu sapi tidak cocok untuk kucing

Aji juga mengungkapkan kucing yang terlalu banyak minum susu selain susu dari induknya juga berpotensi mengalami gangguan kesehatan.

“Bahaya lainnya kalau ternyata kucingnya laktosa intoleran atau alergi susu, maka efeknya bisa berlebih. Alergi susu, tapi minum susu dalam jumlah banyak,” kata dia.

Aji menjelaskan, kebanyakan kucing mengalami intoleransi laktosa. Kondisi ini berarti pencernaannya tidak mampu mencerna laktosa dalam susu dengan baik.

Mayoritas kucing umumnya mengalami intoleransi laktosa saat meminum susu sapi. Karena itu, susu sapi sebetulnya tidak cocok untuk kucing. “Efeknya ya itu tadi bisa diare, muntah, kembung, jadi bisa begah dan susah bernafas,” lanjut Aji.

Apa yang harus dilakukan?

Untuk mencegah terlalu banyak minum susu, Aji menyarankan agar pemiliknya menghentikan kucing saat menyusu terlalu lama. “Kalau mau kasih ya sesuaikan porsinya,” ujarnya.

Aji mengatakan, kucing yang mengalami masalah kesehatan karena kebanyakan minum susu, seperti sulit bernapas, kondisinya dapat membaik seiring berjalannya waktu.

Namun, hal itu jika tidak diiringi dengan gejala-gejala penyakit lainnya. Karena itu, penting untuk memerhatikan kondisi anak kucing yang masih minum susu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles