29.9 C
Jakarta
Friday, August 19, 2022

Pulau Komodo

Komodo merupakan spesies kadal raksasa yang hanya ditemukan di 4 pulau di wilayah Nusa Tenggara Timur yaitu di Pulau Gili Motang, Pulau Padar, Pulau Rinca dan Pulau Komodo itu sendiri. Hewan ini merupakan hewan reptil yang sangat dilindungi oleh pemerintah.

Meskipun komodo dikenal berbahaya lantaran air liurnya yang mengandung bakteri mematikan, kedekatan kadal raksasa itu dengan masyarakat ‎tak terlepas dari cerita rakyat yang dipercaya penduduk setempat.

Sejarah Pulau Komodo

                        Foto Istimewa

Pada tahun 1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.

Lagenda Cerita Komodo

Legenda sejarah Komodo ini menceritakan pada zaman dulu, ada seorang putri yang bernama Putri Naga yang hidup dalam sebuah pulau dan kemudian menikah dengan Moja pemuda pulau sebrang.

Singkat cerita sang putri hamil dan kemudian melahirkan putra kembar yang  memiliki kelamin laki-laki. Hanya saja salah satunya memiliki bentuk berbeda yang mirip dengan kadal dan membuat pasangan ini malu.

Keduanya memberi nama Orah untuk putra yang mirip dengan kadal dan memberi nama Gerong untuk bayi yang normal. Orah terasingkan ke dalam hutan sementara Gerong diasuh sendiri oleh Putri Naga dan Moja.

Seiring berjalan waktu, Gerong sudah tumbuh besar dengan tubuh gagah. Hingga saat Gerong berburu rusa ia bertemu dengan kadal raksasa yang kemudian Gerong kejar dan hendak menamcapkan tombaknya.

Baca Juga :  Federal Reserve Bank: Pengertian, Asal Usul dan Sejarahnya

Namun, tiba-tiba Putri Naga datang dan melarang untuk membunuh kadal raksasa yang saat ini dikenal komodo. Putri Naga menjelaskan kepada Gerong bahwa kadal itu adalah saudara kembarnya yang bernama Orah.

Sejak saat itu masyarakat sekitar selalu memperlakukan komodo sebagai saudara. Itulah sedikit cerita legenda asal  Komodo bernama Orah dan menjadi hewan yang terjaga dengan baik hingga saat ini oleh masyarakat setempat.

Komodo termasuk spesies reptil yang memiliki liur yang mematikan. Kemampuan mematikan tersebut didapat lantaran kuatnya gigitan serta racun berbisa yang muncul dari ribuan kelenjar pada gusinya.

komodo membunuh mangsanya hanya dari kuatnya gigitan dan cabikannya, dengan menunggu mangsanya yang lolos segera melemah dan mati. Karnivora yang ganas ini akan melacak mangsanya yang terluka tersebut dan makan di waktu luangnya begitu tak berdaya dan mati. Hewan ini hidup dengan memburu hewan disekitar pulau komodo.
Hingga saat ini hewan ini hidup berdampingan dan bahkan habitatnya dijadikan Taman Nasional Pulau Komodo.

untuk seputar pengetahuan lainnya bisa dilihat di Channel E Indonesia

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles