Manfaat Lemon Untuk Ginjal dan Kandung Kemih

Foto Istimewa

Kesehatan ginjal dan kesehatan kandung kemih harus selalu dijaga dengan baik agar metabolisme tubuh tetap lancar dan terbebas dari berbagai masalah ginjal yang berbahaya. Namun sayangnya, gaya hidup modern yang tidak baik menjadi salah satu penyebab utama masalah ginjal yang membuat endapan kristal terjadi dan akhirnya menyumbat saluran kemih. Untuk mencegah dan mengatasi penyakit ginjal, sebenarnya ada banyak bahan alami yang bisa digunakan seperti manfaat daun sukun untuk ginjal serta lemon yang sudah dipercaya sejak lama bisa mengatasi berbagai penyakit termasuk masalah ginjal seperti manfaat lemon untuk ginjal yang kami berikan berikut ini.

8. Mencegah Batu Ginjal

Selain banyak manfaat lemon untuk wajah, banyak penelitian yang sudah membuktikan jika lemon merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal salah satunya mencegah batu ginjal. Batu ginjal bisa terjadi karena kalsium oksalat yang terbentuk dari reaksi kimia kalsium dan oksalat dalam tubuh. Kalsium ini bisa menumpuk di dalam tubuh yang berasal dari makanan tinggi kalsium dan kemudian bereaksi dengan oksalat sehingga batu ginjal bisa terjadi. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon dipercaya bisa menghalangi reaksi kalsium, oksalat dan juga fosfat supaya lebih mudah larut dan dikeluarkan dari tubuh bersama dengan urin.

7. Diuretik Alami

Lemon juga bertindak sebagai diuretik alami sebab lemon adalah buah yang rendah akan glukosa sekaligus tinggi akan kandungan asam sitrat. Lemon akan membantu tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak urin yang sangat penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tidak menumpuk dan menyebabkan batu ginjal.

6. Meningkatkan Fungsi Organ Ginjal

Air perasan lemon sangat membantu ginjal dari berbagai tingkatan yang berbeda. Manfaat potasium dalam lemon akan membantu ginjal untuk menyaring darah sehingga bisa dijadikan minuman untuk membersihkan organ ginjal. Sedangkan kandungan asam sitrat dalam lemon berguna untuk mencegah kalsium dalam tubuh agar tidak mengikat dengan komponen lain untuk membentuk batu ginjal.

5. Menguatkan Pembuluh Darah Ginjal

Manfaat vitamin C dan vitamin B dalam lemon efektif untuk menguatkan serta merawat pembuluh darah pada organ ginjal dan juga penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Agar manfaatnya bisa maksimal, maka disarankan untuk mengkonsumsi air lemon yang dicampur dengan garam.

4. Menjaga Keseimbangan pH Ginjal

Dari The Ultimate pH Solution dikatakan jika lemon mempunyai sifat alkalizing tubuh meskipun lemon memiliki kandungan asam. Ini nantinya akan membuat ginjal bisa bekerja semakin cepat sekaligus memberikan bantuan ekstra untuk menyeimbangkan pH secara signifikan.

3. Antibiotik Alami

Para ahli gizi mengatakan jika lemon adalah antibiotik alami yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati fungsi ginjal, peradangan dan infeksi saluran kemih, mengurangi rasa sakit penyakit ginjal dan juga membunuh infeksi serta virus penyebab penyakit ginjal lainnya.

2. Mengatasi Sistitis Interstisial

Untuk anda yang menderita masalah kandung kemih atau dalam istilah kedokteran dinamakan dengan interstitial sistitis, maka berbagai buah jeruk termasuk lemon sangat disarankan untuk dikonsumsi agar bisa mengurangi gejala penyakit tersebut yang serng disebut juga dengan sindrom kandung kemih menyakitkan.

1. Mengatasi infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih atau disingkat ISK tidak hanya berhubungan dengan sistem kemih namun juga berpengaruh pada organ ginjal, ureter ataupun uretra. Area yang paling sering terkena ISK ini diantaranya adalah saluran kemih bawah termasuk uretra dan kandung kemih. Selain bisa menggunakan cranberry untuk menyembuhkan ISK, ternyata lemon juga bisa digunakan untuk menyembuhkan ISK karena sifat asam yang terkandung dalam lemon mempunyai efek alkali pada urin sehingga bisa mengurangi rasa sakit dari ISK saat sedang buang air kecil disamping juga mengkonsumsi antibiotik yang diresepkan dari dokter sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Dari ulasan diatas bisa dibuktikan jika cukup banyak manfaat lemon untuk ginjal baik untuk merawat ginjal, mencegah penyakit ginjal dan menyembuhkan masalah ginjal. Sedangkan untuk cara mengkonsumsi lemon ini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti dibuat menjadi jus, infused water, mencampur lemon dan minyak zaitun, lemon dengan peterseli dan  berbagai cara lainnya.

Nah itu tadi gais penjelasan dari kita manfaat lidah buaya untuk kecantikan

lihat artikel lainnya disini.

Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!