Tips Sederhana Terhindar dari Penyebaran dan Penularan TBC

Tips Sederhana Terhindar dari Penyebaran dan Penularan TBC
Foto Istimewa

Tuberkulosis atau yang lebih kita kenal dengan nama TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri dari penyakit ini menyebar melalui udara dari satu orang ke orang lain dan sebagian besar menyerang paru-paru, tapi tidak menutup kemungkinan untuk menyerang bagian tubuh lainnya.

1. Mendiagnosis tuberkulosis

Tentu hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencegah TBC yaitu mengenali tanda-tanda atau gejala orang yang terkena infeksinya. bBanyak yang tidak menyadari jika dalam tubuh mereka terdapat virus TBC karena belum dites. Hal ini dikarenakan tidak ada gejala dari latent TBC atau TBC laten.Sebelum lebih jauh dan mengetahui cara mencegah tuberkulosis, mari kita pahami dulu tiga tahapan dari penyakit ini. Tahapan penyakit TBC yakni sebagai berikut.

2. Infeksi awal TBC

Tahap ini terjadi ketika bakteri pertama kali masuk ke dalam tubuh. Kebanyakan orang tidak merasakan gejala apapun. Namun sebagian orang kemungkinan akan mengalami demam atau gejala yang terjadi di paru-paru.Pada umumnya, sistem imun yang baik dapat mengalahkan infeksi TBC. Namun pada sebagian orang, bakteri tetap berada dalam tubuh.

3. Latent TB Infection (infeksi TBC laten atau terpendam)

Bakteri TBC sudah masuk dalam tubuh dan dapat ditemukan melalui tes, tetapi sudah tidak aktif. Ketika berada pada tahapan ini, Anda tidak akan merasakan gejalanya dan bakteri tidak akan menyebar pada orang lain.

4. TBC aktif

Bakteri TBC sudah aktif dan menyebar. Anda akan merasa sakit dan dapat menularkan penyakit ini. Penting untuk segera mencari pengobatan untuk menghindari komplikasi dan tidak menular pada orang lain. Ketika berada pada tahapan ketiga ini (TBC aktif), Anda akan mulai merasakan gejalanya. Namun, gejala-gejala yang dirasakan tidak akan datang langsung secara bersamaan.Hal pertama yang mungkin dirasakan adalah batuk yang tak kunjung membaik, atau rasa sakit di dada.

Baca Juga :  Inilah 6 Cara Menahan BAB Saat Keadaan Darurat Paling Ampuh

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here