26.7 C
Jakarta
Tuesday, February 27, 2024

5 Emulator Android Terbaik Paling Ringan untuk PC, RAM 1 GB & Bisa Akses Apa Saja!

Mau main game Android atau membuka file APK di PC? Gampang, geng. Kamu hanya perlu download emulator android terbaik 2023 pilihan Jaka berikut ini.

Emulator adalah program khusus yang memungkinkan aplikasi Android untuk bisa bekerja di PC atau laptop. Jadi, kamu bisa main game Android lewat komputer seperti Genshin Impact, Mobile Legends atau Free Fire, dan merasakan sensasi gaming yang lebih seru!

Tertarik mencoba? Yuk langsung kepoin list emulator Android terbaik paling ringan RAM 1 GB berikut ini sampai tuntas!

1. Bluestacks 5

                                           Sumber Foto : Jalantikus

Siapa, sih, yang nggak tahu Bluestacks? Bisa dibilang Bluestack adalah Android emulator yang paling populer.

Jelas, karena emulator ini sudah lama hadir dan sering mendapatkan update guna meningkatkan kinerja.

Terbaru, ada pula Bluestacks 5 yang bisa kamu unduh secara gratis dari situs resminya dalam beberapa pilihan seperti online installer dan offline installer.

Selain itu, Bluestacks adalah salah satu emulator Android ringan untuk Mac yang sangat berguna buat kalian yang menggunakan laptop MacBook,

2. ARChon

                                               Sumber foto: Vladikoff

Emulator Android PC terbaik 2023 selanjutnya adalah ARChon. Emulator ini berjalan sebagai ekstensi di Google Chrome sehingga memudahkan kamu dalam menggunakannya.

Semisal kamu sudah mengunduh emulator ringan berupa ekstensi ini, kamu tinggal menjalankan program atau game Android yang kamu inginkan saja di sana.

Namun begitu, sebagian orang beranggapan bahwa layanan ARChon sangat terbatas. Karena bersifat ekstensi, maka kemampuannya nggak banyak sehingga hanya mendukung beberapa aplikasi saja.

Tapi, jangan berkecil hati soalnya ARChon terkenal gahar. Ketika kamu menjalankan program, maka sistem operasinya bakalan ngebut dan dijamin anti-lag.

Itulah mengapa banyak orang yang tetap memilih untuk mengunduh emulator PC terbaik ARChon ini

3. Xamarin

                                            Sumber Foto : Jalantikus

Selain untuk mengakses aplikasi dan game Android dari PC, apakah kamu juga berencana buat memperdalam proses pembuatan aplikasi? Jika iya, nggak usah bingung karena Xamarin emulator bisa kamu manfaatkan.

Yap, aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak pengguna buat membantu mereka menggunakan berbagai aplikasi developing software. Jadi, nggak hanya sekadar bermain saja, lho.

Menariknya, Xamarin sangat kompatibel dengan Microsoft Visual Studio. Bahkan, kalau kamu download emulator Android tersebut, kamu juga menikmati tools dan plugins alternatif yang disediakan langsung oleh emulator itu

4. Droid4x

                                             Sumber Foto : Jalantikus

Cari emulator Android ringan RAM 1GB? Droid4x bisa jadi pilihan menarik untuk sebuah Android emulator di PC dengan RAM 1GB saja, nih!

Kelebihan Droid4x yang membuatnya menarik adalah dukungan add-ons, memungkinkan kamu mengontrol game di komputer dengan smartphone.

Misalnya kamu dapat bermain Asphalt 9: Legends dan membuat smartphone kamu menjadi controller menggunakan accelerometer.

Kita juga diizinkan untuk mengkustomisasi keyboard sebagai controller, yang tentunya akan memudahkan kamu dalam bermain game Android.

5. Andy

                                                Sumber Foto : Jalantikus

Selanjutnya ada Andy atau Andyroid, yang lebih memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengeksplorasi fitur Android lebih banyak lagi.

Kelebihan Andy antara lain mendukung antarmuka Android secara penuh. Bahkan, bisa menjadikan smartphone sebagai controller dengan menghubungkannya melalui koneksi Bluetooth atau WiFi.

Namun, emulator Android paling ringan ini sempat ketangkap basah karena keterlibatan dengan kasus malware yang mengambil bentuk crypto miner.

Mereka sudah menyatakan kalau masalah tersebut sudah berhasil diselesaikan, tapi Jaka tetap menyebutkannya di sini sebagai bentuk peringatan, ya.

 

Demikian daftar rekomendasi emulator Android terbaik 2023 yang ringan dan cepat untuk PC atau laptop. Tentunya, semua rekomendasi di atas punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pilih emulator yang sesuai kebutuhanmu, pakah akan digunakan untuk produktivitas atau bermain game. Selain itu, sesuaikan juga dengan spesifikasi PC yang kamu miliki, ya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles