Kota Mongolia Kota Yang Begitu Sederhana

Tim Jazirah Islam melanjutkan perjalanan di Mongolia. Kali ini sebuah kota kecil di tengah Pegunungan Altai bernama Bayan Ulgi menjadi tujuan.

Dari ibu Kota Mongolia di Ulan Bator, harus menempuh perjalanan selama dua setengah jam dengan pesawat terbang, untuk sampai di Kota Bayan Ulgi. Bayan Ulgi terletak di ujung Barat negara Mongolia. Berbatasan dengan Rusia di bagian Utara dan Tiongkok di bagian Selatan.

Kota ini begitu sederhana. Modernitas dan pembangunan, baru menyentuh provinsi ini pada tahun 1991. Tepat setelah runtuhnya komunis Rusia yang pernah berkuasa di Mongolia. Meski demikian, Kota Bayan Ulgi menyuguhkan sebuah pemandangan dataran putih, yang diselimuti suasana magis. Hiruk pikuk kesibukan warga-pun, tak sepadat di Ulan Bator.

Mayoritas Penduduknya Ialah Muslim

Berpenduduk sekitar 90 ribu jiwa, mayoritas warga Bayan Ulgi adalah Suku Kazakh, yang memeluk agama Islam. Tak heran, wilayah ini terkenal sebagai kantung komunitas muslim di Mongolia, selain di Provinsi Khovd.

Menurut sejarah, Suku Kazakh mulai mengenal Islam sekitar Abad ke-8, ketika bangsa Arab tiba di wilayah Asia Tengah. Dan setelah masuknya cucu pemimpin Genghis Khan menjadi muslim, Berke Khan semakin memperluas kejayaan Islam di Asia Tengah pada era “Golden Horde”.

Di Kota Bayan Ulgi Mongolia, warga Kazakh selalu memperingati Nauryz dengan membuat pesta besar di alun-alun kota. Panggung, kostum tradisional, hingga beragam atraksi tersaji untuk membuat seluruh warga bergembira. Pemerintah-pun menjadikan Nauryz, sebagai hari libur nasional.

Selepas dari Nauryz, tim Jazirah Islam ingin menengok bagaimana Islam di Kota Bayan Ulgi. Rasa ingin tahu, membawa ke salah satu pusat pendidikan berbasis Islam yang ada di kota ini.

Baca Juga :  Kisah Nabi Zulkifli, Memiliki Kesabaran Yang Tinggi

Inilah salah satu pusat pendidikan Islam di Kota Bayan Ulgi, Madrasah Pazilyet, yang berada tepat di pusat kota. Dibangun sejak tahun 2000, kini Madrasah Pazilyet punya sekitar 100 siswa dan siswi yang belajar secara terpisah.

Itulah beberapa info mengenai, festimal muslim yg ada di mongolia. nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalDuniaIslam”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!