Tips Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Aman

Tips Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Aman
Foto Istimewa

Meskipun sejauh ini tidak ada metode instan yang bisa membuat rambut Anda lebat dalam semalam, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan rambut yang lebat dan sehat. Simak daftarnya di bawah ini.

51. Mencukupi kebutuhan vitamin

Cara menumbuhkan rambut yang paling terjamin efektif yakni dengan memastikan Anda makan makanan bergizi sebagai nutrisi untuk rambut. Di bawah ini beberapa zat gizi dalam makanan yang membantu mengurangi rambut rontok.

 

42. Mengoleskan minyak esensial pada rambut

Studi yang dilakukan pada sekelompok pria berambut rontok membuktikan bahwa meneteskan minyak biji labu ke dalam sampo bisa meningkatkan ketebalan rambut hingga 40%.

Anda bisa mencampurkan minyak biji labu dengan minyak jojoba untuk mendapatkan manfaat menumbuhkan rambut secara alami. Minyak esensial lain yang juga berfungsi merangsang pertumbuhan rambut yaitu minyak rosemary dan peppermint.

Perlu diingat, hindari meneteskan minyak esensial ke kulit secara langsung. Anda wajib mengencerkan minyak esensial dengan minyak lain, umumnya minyak zaitun, untuk menghindari iritasi.

Minyak lain yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan berbarengan dengan minyak esensial yakni minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak jarak.

33. Mengonsumsi suplemen keratin

Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi 500gr suplemen yang mengandung keratin dan mineral lainnya mengalami peningkatan kualitas rambut yang sehat seperti:

  • menurunkan rambut rontok sebanyak 12,5%,
  • meningkatkan kekuatan rambut sebesar 5,9%, dan
  • meningkatkan kilau rambut.

24. Mengonsumsi protein

Protein membantu rambut Anda tumbuh dengan sehat membuatnya terlindung dari kerusakan akibat produk kimia dan polusi lingkungan. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, kacang-kacangan, dan yogurt.

Baca Juga :  Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan

Cara lainnya Anda juga bisa merawat rambut dengan minyak kelapa. Minyak kelapa membantu mengurangi protein rambut yang hilang saat sebelum maupun sesudah pencucian.

15. Menggunakan salep topikal

Penggunaan salep topikal biasanya dikhususkan untuk orang yang mengalami kerontokan parah dan alopecia (kebotakan). Studi menunjukkan produk ini efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Di bawah ini beberapa jenis salep topikal yang biasanya digunakan.

  • Melatonin topikal dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut
  • Minoxidil topikal 5% yang dapat memperlambat kerontokan rambut
  • Propecia
  • Sampo ketoconazole

Penggunaan salep topikal untuk menumbuhkan rambut sebaiknya dilakukan atas anjuran dokter. Anda bisa konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengecek riwayat kesehatan dan reaksi alergi sebelum akhirnya menggunakan produk ini.

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here