Manfaat Daun Kemuning untuk Kesehatan Bisa Mengobati Sakit Gigi

Manfaat Daun Kemuning untuk Kesehatan Bisa Mengobati Sakit Gigi
Foto Istimewa

Kemuning merupakan salah satu jenis tanaman yang mungkin masih terdengar asing bagi banyak orang. Tanaman yang memiliki nama lain Murraya paniculata ini, memiliki aroma harum dan menyegarkan. Tak hanya itu, ternyata tanaman ini juga mengandung beragam manfaat untuk kesehatan. Secara umum, kemuning merupakan jenis tanaman yang biasa digunakan untuk menghias rumah. Selain itu, bagi sebagian masyarakat, tanaman yang berasal dari India ini juga kerap digunakan sebagai obat herbal. Pasalnya, kemuning mengandung tanin, geraniol, Careen-3, bisabolene, paniculatine, dan cadin yang dipercaya mampu menjaga saya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

6. Mengatasi Peradangan

Manfaat daun kemuning yang pertama adalah mengatasi peradangan. Hal ini karena daun kemuning memiliki kandungan zat aktif yang dipercaya efektif mampu meredakan gejala peradangan. Selain itu, daun kemuning juga berperan penting untuk mengobati luka terbuka. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun kemuning, lalu konsumsi secara teratur. Bagi Anda yang ingi merawat luka terbuka, tumbuk daun kemuning hingga halus dan tempelkan pada luka yang terbuka.

5. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan salah satu gangguan yang paling sering dialami oleh banyak orang. Salah satu cara mengobati sakit gigi secara ialah menggunakan daun kemuning. Cara mendapatkan manfaatnya cukup mudah, tumbuk selembar daun kemuning untuk diambil airnya, lalu panaskan dan oleskan pada gigi yang sakit.

4. Mengatasi Batu Ginjal

Ginjal merupakan sepasang organ ekskresi dalam vibreta yang memiliki bentuk seperti kacang di area punggung bagian bawah. Ginjal memiliki beberapa fungsi, seperti menyaring kotoran serta membuangnya bersama air dalam bentuk urin. Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik maka dapat menyebabkan gangguan yang disebut penyakit ginjal. Beberapa gangguan pada ginjal ini menimbulkan beberapa penyakit komplikasi dalam tubuh, seperti anemia dan gangguan elektrolit. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung harus terus dilakukan upaya pencegahan sejak dini. Salah satu cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi batu ginjal adalah daun kemuning. Kandungan senyawa aktif pada daun kemuning dipercaya mampu mencegah gejala batu ginjal. Caranya cukup mudah, minum rebusan daun kemuning secara rutin dan teratur. Selain bisa mengatasi batu ginjal, kandungan ini juga mampu melancarkan peredaran darah dan penyakit kronis lainnya.

Baca Juga :  5 Makanan Khas Indonesia Ini Susah Ditemui

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat daun kemuning berikutnya yaitu dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. Sudah sejak dahulu, tanaman ini digunakan untuk perawatan kulit. Cara mendapatkan manfaatnya sangat mudah, cuci daun kemuning sampai bersih, kemudian tumbuk, dan lulurkan bahan tersebut pada kulit sebelum tidur.

2. Mengobati Rematik

Sendi merupakan hubungan antar tulang yang membentuk sistem gerak pada manusia dan hewan. Hubungan dua tulang tersebut dinamakan persendian atau artikulasi. Persendian berperan penting sebagai proses gerak yang dilakukan manusia. Persendian juga berfungsi mempertahankan kelenturan tubuh, sehingga tanpa persendian seseorang tidak dapat melakukan gerakan. Selain itu, proses gerakan persendian juga dilapisi minyak sendi, apabila minyak sendi habis maka dapat menyebabkan rematik atau radang sendi. Rematik atau peradangan sendi disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Gejala paling umum yang dirasakan saat mengalami rematik yaitu adanya rasa nyeri sendi, kaku hingga bengkak. Rematik apabila tidak segara diatasi maka dapat menimbulkan gangguan pada kulit, paru-paru hingga jantung. Salah satu cara mengobati rematik adalah menggunakan daun kemuning. Pasalnya, beberapa senyawa yang ada di dalam daun kemuning secara aktif mampu meredakan gejala rematik. Rebus akar kemuning bersama air, kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin dan teratur sampai rematik hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here