Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. 

Channel E – Flu dan batuk pilek biasa memiliki gejala yang berbeda, walaupun sering kali orang mengira keduanya sama. Gejala flu lebih parah dan menyerang secara mendadak, sedangkan gejala batuk pilek biasa cenderung ringan dan muncul secara bertahap.

gambar istimewa

Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari setelah penderita terinfeksi. Bahkan penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejalanya muncul.

1Penyebab Flu

Flu disebabkan oleh virus influenza yang mudah menular. Penularan sering kali terjadi ketika seseorang tidak sengaja menghirup percikan air liur di udara, yang dikeluarkan penderita melalui bersin atau batuk.

Penularan juga bisa terjadi ketika tangan menyentuh mata, hidung, atau mulut, setelah memegang barang yang terkena percikan air liur penderita.

2Gejala Flu

Gejala dari flu dapat muncul dengan cepat pasca virus masuk ke dalam tubuh hingga butuh waktu beberapa hari. Ketika flu menyerang seseorang, maka pengidapnya akan mengalami beberapa keluhan. Awalnya, seseorang yang mengidap penyakit ini adalah sakit tenggorokan, bersin, dan pilek, hingga merasakan nyeri di beberapa bagian badan dan sekujur tubuh. Bahkan, kamu akan merasa sulit untuk bangun tidur serasa badan sakit keseluruhan.

3Pencegahan Flu

Cara yang paling mudah untuk mencegah flu adalah menjaga kebersihan sendiri dan lingkungan. Beberapa perilaku di bawah ini dapat mencegah penularan flu:

  • Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, atau hand-sanitizer berbahan dasar alkohol.
  • Tidak menyentuh mulut, hidung, dan mata, sebelum mencuci tangan.
  • Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, dengan cairan disinfektan.
  • Tidak berbagi makanan atau penggunaan benda pribadi, seperti gelas atau botol minum.
Baca Juga :  Tips Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan

4Komplikasi Flu

Pada umumnya, seseorang yang mengidap penyakit ini dapat sembuh tanpa terjadinya komplikasi. Namun, jika tidak ditangani dengan tepat, ada kemungkinan untuk menyebabkan masalah kesehatan lainnya bahkan komplikasi yang berbahaya. Beberapa komplikasi yang disebabkan oleh flu, antara lain:

  • Serangan asma
  • Gangguan jantung
  • Infeksi telinga
  • Pneumonia
  • Bronkitis

Jika gejala yang terjadi hilang kemudian kembali lagi setelah beberapa hari, mungkin saja kamu mengidap infeksi sekunder. Jika hal tersebut terjadi, ada baiknya untuk memeriksakan diri guna memastikannya. Sebab, jika tidak ditangani dan menimbulkan pneumonia, gangguan ini dapat menjadi ancaman nyawa.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here