ISLAM DI JERMAN SANGAT MENARIK

0
143

Assalamualaikum warrahmatullahi wabaraktuh halo sahabat dunia Islam,kali ini kita akan membahas fakta-fakta menarik di Jerman.

Jerman memang bukanlah negara Islam. Namun, populasi Muslim yang merupakan kelompok minoritas terbesar di negara tersebut cukup terlihat. Menurut lembaga pemerintahan Jerman yang mengurusi masalah migrasi dan pengungsi, pada 2015 diperkirakan ada 4,4 sampai 4,7 juta Muslim yang tinggal di Jerman. Dari angka tersebut, 1,9 juta di antaranya berkebangsaan Jerman. Lalu bagaimanakah kehidupan masyarakat Muslim di Jerman? Berikut adalah lima fakta menarik tentang Islam di negeri yang sangat terdepan dalam bidang sains dan teknologi tersebut.

ISLAM SUDAH ADA SEJAK ABAD KE-17 DI JERMAN

Masuknya orang-orang Islam pertama ke Jerman dimulai pada 1683 sebagai tahanan pengepungan kota Wina yang dilakukan oleh Kekaisaran Ottoman yang berpusat di Turki. Namun setelah beberapa saat, kebanyakan dari mereka beralih Kristen atau kembali ke negara asal mereka. Selanjutnya, antara 1735 sampai 1739, semakin banyak tahanan perang Muslim yang dikirim ke Jerman akibat dari perang Russo-Turkish. Lalu, ketika hubungan antara kerajaan dan kekaisaran tersebut sudah semakin membaik, semakin banyak orang-orang Muslim yang datang dan hidup secara reguler di Jerman. Pada 1763, kerajaan Prussia yang saat itu berkuasa di Jerman membangun hubungan diplomatik dengan kekaisaran Ottoman. Ketika salah satu perwakilan Kekaisaran Ottoman untuk Kerajaan Prussia wafat pada tahun 1798, Raja Frederick William III membangun pemakaman untuk perwakilan tersebut yang menjadi pemakaman Islam pertama di Jerman.

PEMAKAMAN ISLAM DI JERMAN
PEMAKAMAN ISLAM PERTAMA DI JERMAN
Pemakaman tersebut masih dapat dilihat sampai sekarang di Berlin. Selain makam, masjid pun turut dibangun. Masjid pertama dibangun di Jerman pada saat Perang Dunia I oleh tahanan perang di Wünsdorf di dekat Berlin. Meskipun begitu jumlah pemeluk agama Islam di Jerman masih belum signifikan. Baru setelah 1960an sajalah populasi Muslim mulai meningkat ketika imigran dari Turki datang melalui program tenaga kerja asing. Saat ini ada sekitar 3 juta orang di Jerman yang merupakan keturunan Turki yang membuat Turki menjadi kelompok minoritas terbesar di negara tersebut.
SECARA TOTAL JERMAN MEMILIKI PPOPULASI MUSLIM TERBANYAK DI UNI  EROPA

 

Baca Juga :  Akhirnya, Jerman Meloloskan Paspor Warga Negara Indonesia
PENDUDUK USLIM DI JERMAN
PENDUDUK MUSLIM DI JERMAN

Tidak diragukan lagi bahwa 4,7 juta penduduk Muslim yang ada di Jerman membuat negara tersebut menjadi negara di UE yang memiliki populasi Muslim terbanyak. Namun jika dibandingkan dengan total populasi di Jerman, jumlah tersebut hanyalah sekitar 5,5% saja. Sementara populasi Muslim di Siprus secara proporsi jauh lebih tinggi daripada Jerman, yaitu sekitar 25% atau sekitar 1,2 juta orang memeluk agama Islam. Di Bulgaria ada 13,7%, di Prancis ada 5,4%, dan di Belgia ada 5,9%. Barulah Jerman menempati posisi kelima dengan 5,5% penduduk Muslim.

ORANG MUSLIM PERTAMA DI JERMAN MASUK PARLEMEN PADA TAHUN 1994

 

 CEM OZDEMIR
CEM OZDEMIR
Seorang politikus yang merupakan keturunan Turki dan beragama Islam berhasil masuk ke parlemen Jerman pada 1994. Cem Özdemir merupakan anak dari imigran Turki yang datang melalui program tenaga kerja asing. Ia mendapatkan kewarganegaraan Jerman pada 1983 dan memiliki hak politik yang membuatnya bisa maju ke parlemen.
JERMAN MENGATAS NAMAKAN JIHAD UNTUK MENDORONG MUSLIM IKUT BERPERANG DALAM PERANG DUNIA

 

JERMAN MENDORONG MUSLIM UNTUK BERPERANG
JERMAN MENDORONG MUSLIM UNTUK BERPERANG
Pada saat Perang Dunia I, pemerintah Jerman menerbitkan surat kabar yang bernama “El Dschihad” yang berarti jihad untuk mendorong warga Muslim untuk ikut “perang suci”. Surat kabar tersebut disebarluaskan ke daerah-daerah terdepan di mana kaum Muslim tinggal. Masjid pertama di Jerman yang dibangun pada saat Perang Dunia I pun juga merupakan salah satu strategi perang Jerman. Dengan adanya masjid, masyarakat Muslim dapat beribadah sekaligus diajarkan mengenai jihad dan didorong untuk berperang bersama Jerman melawan sekutu.
JERMAN SUDAH MEMATA-MATAI PERGERAKAN ISLAM RADIKAL SEJAK LAMA
Meskipun isu mengenai serangan teroris mulai meningkat dalam beberapa tahun terakhir, tapi ternyata Badan Intelegensia Jerman bersama dengan Konferensi Islam Jerman sudah mengawasi pergerakan Islam radikal sejak tahun 1990an. Aktivitas tersebut mulai lebih digiatkan setelah terjadinya penyerangan WTC di AS pada tanggal 11 September 2001.
Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “Kanal “Dunia Islam:
BACA JUGA MASJID YANG LUASNYA 2 LANGKAH KAKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here