32 C
Jakarta
Monday, August 15, 2022

Tak Hanya Unik, Bentuk Mata 5 Hewan Ini Punya Kemampuan Ajaib

Channel E – Teman-teman apakah kalian tau ada beberapa hewan yang mempunyai bentuk mata ajaib, Dan mata digunakan oleh makhluk hidup untuk melihat peristiwa dan pemandangan sekitar. Sebagian orang mungkin belum tahu, kalau mata manusia dapat membedakan sekitar 10 juta warna. Selain itu, mata kita bisa berkedip setiap 10 detik sekali, dengan kecepatan 0,4 detik.

Inilah beberapa fakta menarik mata manusia, namun pernahkah kamu menyadari bahwa ada beberapa hewan yang juga punya bentuk mata unik?

Nah, kali ini Mimin akan menyebutkan 5 di antara banyak hewan yang punya bentuk mata yang unik dengan kemampuan ajaib. Yuk, di simak!

Kepiting

gambar istimewa

Kepiting memiliki bentuk mata yang unik, karena matanya kecil dan menonjol seperti antena. Tahukah kamu, ternyata mata kepiting tidak bisa digerakkan, lho.

Namun, kepiting tetap bisa mendeteksi mangsa dan lawannya. Adanya sel mata di atas batang matanya, kepiting dapat melihat titik gelap yang bergerak mendekatinya. Dengan cara inilah, kepiting dapat segera menentukan strategi perlindungan diri untuk bersembunyi di balik liangnya.

Bunglon

gambar istimewa

Seekor bunglon dapat menggerakan kedua matanya dengan arah yang berbeda dalam waktu bersamaan. Mata bunglon dapat melihat dengan kemampuan unik.

Kemampuan ajaib ini jarang dimiliki oleh makhluk hidup lain. Uniknya, mereka juga bisa memperbesar tampilan yang mereka lihat menggunakan matanya. Jadi, mata bunglon punya kemampuan seperti lensa kamera yang dapat melakukan zoom in atau zoom out.

Kucing

gambar istimewa

Bagi para pemilik kucing, bentuk dan warna terang dari mata kucing sudah bukan hal yang asing.

Namun, tahukah kamu pupil vertikal milik kucing ternyata membantunya memperkirakan jaraknya dengan mangsa. Oleh karena itu, umumnya kucing adalah hewan pemburu yang lihai dan hebat. Ternyata kemampuan matanya membantu kucing dalam hal ini.

Baca Juga :  8 Makanan Terbaik yang Membantu Melawan Peradangan

Capung

gambar istimewa

Beragam serangga dikenal dengan bentuk matanya yang besar dan menonjol, seperti pada capung. Capung ternyata dapat melihat lebih banyak warna daripada yang pernah dilihat manusia.

Buaya

gambar istimewa

Buaya punya bentuk dan kemampuan melihat yang hampir sama dengan kucing, inilah mengapa mereka digolongkan sebagai hewan nokturnal. Mata buaya dapat melihat jarak mangsa meskipun dalam keadaan gelap. Pada mata buaya, terdapat kristal cermin di belakang retina, yang bertindak seperti kacamata hitam ketika siang hari.

Tetapi ketika malam hari, kristal ini memantulkan kembali cahaya ke retina, sehingga buaya dapat melihat jarak mangsanya dalam keadaan gelap. Ini membantunya untuk memperkirakan jarak mangsa dengan posisi buaya, sebelum buaya siap untuk menerkam.

 

Dari lima hewan yang sudah disebutkan, kamu lebih menyukai kemampuan mata hewan apa?

 

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,460SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles