Channel E – Arwana merupakan jenis ikan yang cukup familier bagi orang Indonesia. Banyak orang senang memelihara ikan ini, dan banyak pula yang tidak memelihara tapi senang mengamati mereka. Ukurannya yang besar, warnanya yang indah, maupun makanannya yang tidak biasa memang membuat ikan arwana unik dibanding ikan lain.

Teman-teman pasti juga tahu ikan arwana, bukan? Tapi mungkin kamu belum tahu beberapa fakta menarik tentang ikan yang unik ini. Inilah 3 fakta di antaranya: 

Simak Bersama Yuk!

gambar istimewa

1. Terdiri dari beberapa spesies 

Arwana adalah sebutan umum untuk ikan air tawar dari famili Osteoglossidae. Mereka terdiri dari beberapa spesies yang tersebar di wilayah berbeda. Spesies yang terkenal misalnya arwana silver yang hidup di Sungai Amazon, arwana hijau dari Asia, serta arwana merah yang berasal dari Sungai Kapuas di Indonesia.

Ciri khas arwana adalah bagian moncong yang menghadap ke atas serta tubuhnya yang memanjang, bisa mencapai panjang 1,2 meter. Mereka juga punya keunikan berupa tulang di bagian bawah mulutnya, sehingga kerap disebut bony tongue alias lidah bertulang. Dan tidak seperti kebanyakan ikan, arwana mampu mengambil oksigen langsung dari udara.

2. Pemakan segala yang mampu melompat dari air  

Meski berukuran besar, arwana ternyata bisa berakrobat juga. Khususnya spesies arwana silver, yang dicatat laman Animals bisa melompat keluar dari air hingga setinggi 1,5 meter untuk menangkap mangsanya. Karena kemampuannya itu, arwana silver sampai mendapat julukan unik yaitu monyet silver.

Hewan yang jadi santapan arwana sendiri sangat beragam. Mereka bisa dibilang sebagai pemakan segala karena sanggup makan hewan apapun yang bisa masuk ke mulutnya yang besar. Itu termasuk serangga, ikan kecil, udang, burung, ular, bahkan kelelawar.

3. Dianggap bawa keberuntungan 

Arwana merupakan jenis ikan yang paling banyak dicari untuk dipelihara. Itu karena mereka dianggap sebagai pembawa keberuntungan, khususnya dalam kebudayaan China dimana mereka dianggap mirip naga yang bisa membawa kesuksesan. Apalagi spesies arwana merah, karena warna merah pun kerap dianggap perlambang keberuntungan.

Gak heran jika harga arwana menjadi sangat mahal. Laman Planet Arowana menyebut bahwa harga arwana merah dewasa bisa mencapai 9.000 poundsterling alias sekitar 160 juta rupiah. Namun, bisnis arwana sendiri membawa dampak buruk bagi populasi mereka. Beberapa spesies sudah terancam punah di alam bebas khususnya spesies yang berasal dari Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!